Berikut Perbedaan Antara Hantu Indonesia Dengan Hantu Luar Negeri

Rabu 18-10-2023,07:37 WIB
Reporter : Zepta Heryadi
Editor : Zepta Heryadi

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Hantu merupakan makhluk yang dianggap seram karena suka menakut-nakuti manusia. Hantu memang terkenal di seluruh belahan dunia, namun setiap negara mempunyai ciri khas dalam menggambarkan hantu.

Bukan hanya di Indonesia loh masyarakatnya yang gemar membicarakan tentang hantu, namun negara lain juga banyak yang suka dengan cerita hantu. 

Meskipun demikian, ada perbedaan yang bisa dilihat antara hantu lokal dengan hantu luar negeri. Ingat namanya juga hantu pasti benak kebayang menyeramkan, namun hantu lokal dengan hantu dari luar negeri tetap punya perbedaan. 

Oleh sebagian orang percaya jika hantu hanya sebatas mitos, namun dalam cerita maupun film horor tetap ditunggu-tunggu banyak orang. Tidak hanya di Indonesia, negara lain juga rutin memproduksi cerita hantu . 

Hebatnya, ada ciri khas tersendiri di setiap negara tempat makhluk mistis itu berada. Nah, ciri dan perbedaannya seperti yang sudah kami rangkum ini.

1. Tampang dan fisik 

Jika hantu atau makhluk buatan luar negeri umumnya memiliki tampang cakep dan postur tinggi, misalnya drakula atau vampir yang dianggap tidak begitu menyeramkan. Sedangkan hantu di Indonesia lebih identik dengan wajah yang seram bahkan atau hancur, seperti genderuwo atau pocong.

2. Penampilan lusuh

Penampilan hantu lokal biasanya acak-acakan dan sedikit lusuh, seperti pocong, atau kuntilanak dengan gaun robek dan berdarah serta kotor, begitu juga dengan tuyul yang hanya memakai celana dalam. 

Sedangkan hantu luar negeri sebagian besarnya mempunyai penampilan rapi dan elegan, contohnya vampir China yang menggunakan baju bangsawan mewah, atau hantu Belanda yang sering berbusana ala era Victoria yang terlihat keren.

3. Tempat tinggal

Biasanya kalau hantu lokal tinggalnya di tempat yang menyedihkan serta rumah-rumah usang, contohnya di gedung tua atau pepohonan yang berumur ratusan tahun. Sementara  hantu luar negeri biasanya tinggal di kerajaan atau kastil. 

4. Asal usul 

Ada yang percaya jika makhluk drakula dipercaya berasal dari orang bangsawan pengisap darah di Transylvania, Rumania. 

Kategori :