Punya Khasiat Tinggi, Berikut 5 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan

Jumat 22-12-2023,19:48 WIB
Reporter : Uji Mashudi
Editor : Uji Mashudi

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Daun kelor sejak dulu dikenal sebagai daun yang mengandung banyak manfaat untuk kesehatan. 

Daun kelor diketahui memiliki banyak kandungan vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh.

Dalam daun kelor juga memiliki kandungan kalsium, protein, zat besi, dan asam amino yang membantu tubuh menyembuhkan dan membangun otot.

Selain itu, daun kelor juga mengandung antioksidan dan zat yang dapat melindungi sel dari kerusakan serta dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Antioksidan dalam kelor juga dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi lemak dalam darah dan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor untuk kesehatan: 

1. Mencegah Hipertensi

Selain bisa mengkontrol gula di dalam darah, manfaat daun kelor selanjutnya yakni bisa menjaga agar tekanan darah di dalam tubuh tetap normal. Tekanan darah yang terlalu tinggi bisa menyebabkan masalah kesehatan yang dikenal dengan nama hipertensi. Kandungan kalium dan antioksidan di dalam daun ini yang berperan aktif untuk menjaga tensi darah di dalam tubuh.

2. Mencegah Diabetes

Penyakit ini mungkin menjadi momok menakutkan, sebab jika sudah menyerang akan sulit sekali untuk disembuhkan. Penyebab dari penyakit diabetes yakni karena kadar gula di dalam darah terlampau tinggi.

Untuk mencegah penyakit ini, perlu memastikan bahwa kadang gula tetap stabil atau normal. Daun kelor memiliki kemampuan menjaga kadar gula tetap rendah, sebab daun ini bisa meningkatkan kinerja dari hormon insulin. Hormon ini berperan dalam menjaga tubuh agar terhindar dari penyakit diabetes.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi dari otak

Otak merupakan organ vital yang dimiliki manusia. Jika fungsi dari otak terganggu maka fungsi dari organ lainnya jyga bisa ikut terganggu. Untuk menjaga agar kesehatan dan fungsi otak tetap terjaga, Anda bisa memanfaatkan daun kelor.

Tanaman herbal ini memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa menurunkan risiko gangguan pada otak seperti Alzheimer dan Parkinson. Daun kelor juga dipercaya bisa meningkatkan memori pada otak sehingga ingatan akan lebih tajam.

4. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Kategori :