Pemkab Pringsewu Hadiri Rakernas APKASI XVI di Jakarta

Rabu 10-07-2024,22:04 WIB
Reporter : Mulyono
Editor : Uji Marsudi

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Pj.Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) XVI dan APKASI Otonomi Expo 2024 di Jakarta Convention Center, Rabu (10/7).

 

Rakernas dibuka oleh Presiden RI Joko Widodo, didampingi Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta sejumlah menteri dan pejabat tinggi negara. 

 

Presiden Jokowi mengatakan periode lima tahun kebelakang merupakan masa sangat sulit dan penuh tantangan, baik karena pandemi covid-19, geopolitik dunia, hingga elnino dan lanina.

 

"Namun demikian, masyarakat Indonesia patut bersyukur karena mampu bertahan dari hambatan dan tantangan tersebut, terlebih ekonomi Indonesia masih tumbuh 5,1 persen pada kuartal pertama 2024," kata Jokowi. 

 

Menurut Jokowi, kompetisi antarnegara di dunia saat ini bukan dilihat dari negara besar mengalahkan negara kecil, tetapi negara cepat mengalahkan negara lambat.

 

"Kita tentu ingin menjadi negara cepat dalam pelayanan publik serta mobilitas barang dan orang," ujarnya.

 

Selain itu, Presiden Jokowi juga menekankan kepada seluruh pemerintah daerah untuk memprioritaskan penggunaan produk-produk dalam negeri dalam pengadaan barang dan jasa.

 

Sementara itu, Ketua Umum APKASI Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengatakan ada peningkatan signifikan dalam pembangunan infrastruktur selama ini, baik di kabupaten hingga desa, yang disebutnya sebagai tingginya perhatian presiden kepada pembangunan desa.

Kategori :