Kompetisi Karya Inovasi dan IPTEK Pringsewu Diikuti 26 Finalis

Jumat 12-07-2024,20:45 WIB
Reporter : Mulyono
Editor : Uji Marsudi

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Sebanyak 26 peserta mengikuti Final Kompetisi Karya Inovasi dan Iptek Kabupaten Pringsewu 2024. Para finalis terdiri kategori umum, ASN, tenaga pendidik serta pelajar, yang merupakan hasil penyisihan sejak dua bulan lalu.

 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pringsewu Masykur, mewakili Penjabat Bupati Pringsewu Marindo Kurniawan, saat membuka kegiatan tersebut di Pringsewu mengatakan untuk mewujudkan pembangunan dan peningkatan daya saing di era revolusi industri 5.0, diperlukan strategi efisien, dengan mengedepankan inovasi dan pemanfaatan Iptek. 

 

"Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan komitmen bersama, baik pemerintah daerah, perguruan tinggi, swasta, masyarakat serta segenap pemangku kebijakan di daerah," katanya. 

 

Hal ini tertuang dalam UU No.11 Tahun 2019, yang mengamanatkan pemerintah pusat dan daerah untuk memperkuat daya dukung Iptek, guna meningkatkan daya saing dan kemandirian bangsa dalam menghadapi persaingan global.

 

"Untuk itu saya berharap rangkaian lomba dengan tema 'Inovasi Berdaya Saing untuk Penguatan Sosial Ekonomi dan Infrastruktur' ini dapat menjadi langkah besar dalam upaya menggali, menumbuh-kembangkan, dan mendorong kemajuan teknologi inovasi," ujarnya. 

 

Sementara itu, Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappeda Kabupaten Pringsewu Fenny Aprilia menjelaskan Final Kompetisi Karya Inovasi dan Iptek Kabupaten Pringsewu 2024 digelar selama 3 hari (10, 11 dan 12 Juli 2024).

 

"Untuk Dewan Juri, satu orang berasal dari Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, dari Universitas Aisyah Pringsewu, Institut Bakti Nusantara dan Bappeda Kabupaten Pringsewu," jelasnya. (*/) 

Kategori :