Saat Penghuninya Terlelap Tidur, Satu Rumah di Pekon Tanjung Begelung Terbakar

Selasa 16-07-2024,17:44 WIB
Reporter : Rio Aldipo
Editor : Rio Aldipo

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Si Jago merah melalap satu unit rumah di Dusun Tanjung Begelung,Pekon Tanjung Begelung, Kecamatan Pulau Panggung,Kabupaten Tanggamus, Selasa dini hari 16 Juli 2024.

Satu unit rumah terbakar tersebut milik Sudirmanto (56). Meski tidak ada korban jiwa, namun korban mengalami kerugian materil cukup besar. Hal itu lantaran seluruh peralatan listrik dan surat-surat berharga ludes terbakar.

Kapolsek Pulau Panggung, AKP Rahadi mengatakan bahwa laporan kebakaran itu diterima pihaknya melalui personel Bhabinkamtibmas sekitar pukul 04.00 WIB. 

"Pada pukul 05.30 WIB, kami mendapat laporan bahwa telah terjadi kebakaran rumah di Dusun Tanjung Begelung. Tim segera dikerahkan untuk membantu memadamkan api dan melakukan identifikasi,"ujar AKP Rahadi mewakili Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser

BACA JUGA:Kebakaran di Pekon Kedamaian Kota Agung, Kerugian Ditaksir Mencapai Puluhan Juta

BACA JUGA:Dalam Satu Hari, Dua Rumah Terbakar di Tanggamus

Rahadi menjelaskan, ketika kebakaran terjadi, pemilik rumah bersama istrinya sedang tertidur lelap. Mereka terbangun ketika api sudah menyala di kamar depan dan dengan cepat menyebar ke seluruh rumah yang sebagian besar terbuat dari papan.

"Korban segera berteriak meminta pertolongan. Teriakan tersebut didengar oleh tetangga mereka Darmidi (60) yang segera bergegas membantu bersama warga setempat.Berkat bantuan dari tetangga lainnya, api berhasil dipadamkan sebelum menjalar ke rumah-rumah sekitar,"terang kapolsek.

Kapolsek menjelaskan, rumah korban terbakar terbuat dari kayu dengan ukuran 6x12 meter termasuk, televisi 29 inci, dua unit sepeda motor, sertifikat tanah, dokumen-dokumen seperti KK, KTP dan BPKB serta surat penting lainnya."Total kerugian diperkirakan mencapai Rp120 juta,"ungkap Rahadi.

Berdasarkan hasil penyelidikan, lanjut kapolsek,dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik di bagian kamar depan rumah korban.

"Masyarakat diharapkan selalu memastikan instalasi listrik di rumah dalam kondisi baik dan segera memperbaiki jika ditemukan kerusakan,"pungkas Rahadi.(*)

Kategori :