Mau Liat View Sawah di Tengah Kota , Yuk Kunjungi Dekrafe Pringsewu

Selasa 13-08-2024,14:00 WIB
Reporter : Mulyono
Editor : Uji Marsudi

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.CO.ID - Dekrafe (Dekranasda Kafe) Kabupaten Pringsewu di Komplek Rest Area KM 37, Jalan Lintas Barat Sumatera, Wates Timur, Gadingrejo, Pringsewu dilaunching dan diresmikan oleh Pj.Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Maidawati Samsudin, Selasa (13/8).

 

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Pj.Ketua Dekranasda Provinsi Lampung dan Pj.Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Agnesia Marindo, serta pembukaan papan selubung dan pelepasan balon ke udara.

 

Pj.Ketua Dekranasda Provinsi Lampung Maidawati Samsudin berharap dengan adanya Dekrafe bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Pringsewu, yang diwakili oleh beberapa pelaku UMKM yang sudah di kurasi dan layak untuk dijadikan percontohan serta dinikmati para konsumen yang melintas, sekaligus mewakili produk yang ada di Kabupaten Pringsewu.

 

"Ini merupakan bentuk upaya dari kita bersama untuk mengapresiasi karya para pelaku UMKM untuk mempromosikan produknya di Galeri Dekranasda Pringsewu, sambil menikmati keindahan alam Pringsewu dengan hamparan persawahan yang alhamdulillah saat ini sedang indah-indahnya. Istilah anak muda Instagramable, dan sangat tepat untuk dimanfaatkan sebagai branding sebuah produk," ujarnya. 

 

Dikatakan Maidawati, pelestarian budaya merupakan salah satu misi dari pelaksanaan program Dekranasda yang menjadi mitra andal bagi pemerintah dalam mendukung kemandirian para perajin guna meningkatkan ekonomi masyarakat serta melestarikan budaya berdasarkan kearifan lokal.

 

Sementara itu, Pj.Ketua Dekranasda Kabupaten Pringsewu Agnesia Marindo mengatakan dengan didirikannya Dekranasda Kafe diharapkan mampu menjadi magnet yang dapat menarik pengunjung untuk menikmati suasana perdesaan, memandang keindahan sawah dan temaram lampu kendaraan dengan menikmati secangkir kopi dan aneka kuliner yang disajikan, sekaligus berbelanja produk UMKM di Galeri Dekranasda Pringsewu .

 

"Pembangunan Dekrafe Pringsewu ini sendiri dilatarbelakangi beberapa sebab diantaranya gedung Dekranasda sebagai galeri promosi produk UMKM belum diketahui secara keseluruhan oleh masyarakat, disamping belum tersedianya pusat oleh-oleh khas Pringsewu yang menyediakan aneka produk kerajinan dan makanan," katanya.

 

Lebih lanjut ditambahkan Plt. Kadisporindag Pringsewu, Sulistiyanigsih tujuan dibukanya Dekrafe yaitu dalam rangka optimalisasi galeri Dekranasda, menghidupkan kawasan Rest Area sebagai icon Kabupaten Pringsewu, serta sebagai wadah promosi produk UMKM dan pusat oleh-oleh khas Kabupaten Pringsewu, disamping tempat kuliner bagi para pengunjung Rest Area.

Kategori :