Pemkab Tanggamus Akan Gulirkan Program GARDU KASIR Bagi Nelayan, Apa Tujuannya?

Minggu 25-08-2024,12:10 WIB
Reporter : Hanibal Batman
Editor : Hanibal Batman

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Program Gerakan Terpadu Kampung Pesisir (GARDU KASIR). Akan digulirkan oleh Pemkab Tanggamus melalui Dinas Perikanan setempat dalam waktu dekat ini.

Kepala Dinas Perikanan, Darma Setiawan, menerangkan, GARDU KASIR, merupakan program untuk peningkatan kesejahteraan bagi para nelayan dan masyarakat di wilayah pesisir Tanggamus.

Program GARDU KASIR yang akan dilaksanakan di Pekon Way Nipah, Kecamatan Pematang Sawa ini, lanjut Darma, bukan program pertama yang digulirkan oleh Pemkab Tanggamus.

Melainkan sudah ada program Kampung Nelayan Maju (KALAJU) di tahun 2023, yang juga menyasar Pekon Way Nipah.

Program GARDU KASIR juga bertujuan untuk mematangkan program Gerakan Membangun Pesisir Tanggamus (GEMPITA).

"Kenapa dipilih Pekon Way Nipah, karena disana sudah ada cikal bakalnya, mendapat bantuan KALAJU dari Kementerian Kelautan di tahun 2023, sehingga kita dongkrak lagi agar hasil perikanan tangkap di wilayah tersebut meningkat, begitu juga dengan kesejahteraan masyarakatnya, Insyallah Pak Pj. langsung yang akan menyerahkan bantuan,"kata Darma Setiawan, Minggu 25 Agustus 2024.

Darma menjelaskan, melalui program tersebut berbagai bantuan akan diperuntukkan bagi masyarakat nelayan di wilayah pesisir Way Nipah.

Seperti perahu, jaring gillnet, dan berbagai peralatan tangkap ikan lainnya, bantuan itu diharapkan dapat memicu nelayan agar lebih bersemangat dan hasil tangkapannya juga meningkat.

"Ada 9 wilayah kecamatan pesisir di Tanggamus, bertahap akan kita sentuh semua, karena keterbatasan anggaran yang ada. Saat ini fokus ke wilayah barat, secara bergantian menyentuh wilayah lainnya, seperti Kotaagung, Kotaagung Timur, Limau, Cukuh Balak, Kelumbayan dan Kelumbayan Barat,"terangnya.

Ia menerangkan, bahwa Pemkab Tanggamus serius melakukan terobosan serta melaksanakan berbagai program.

Untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir, baik itu melalui KALAJU, GEMPITA lalu kemudian program GARDU KASIR.

"Sehingga program ini ada keberlanjutannya, bukan hanya slogan saja, saat ini di Way Nipah wilayah ini dahulu kita fokuskan, dahulu pernah mendapatkan program KALAJU, kedua kita gulirkan lagi program GARDU KASIR,"paparnya.

Program yang telah berjalan dan digulirkan oleh pemerintah, lanjutnya tidak terlepas dari pantauan dan monitoring serta evaluasi.

Hal ini untuk memastikan apakah program tersebut telah berjalan dan berkembang serta apa yang perlu diperbaiki kedepan.

Kategori :