Wow! Ada Pohon Jambu Monyet Terbesar Didunia. Besarnya Dua Kali Lipat Lapangan Bola

Minggu 06-08-2023,16:21 WIB
Reporter : Zepta Heryadi
Editor : Admin

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Tahu kah anda di Negara Brasil ada sebuah pohon terbesar didunia. Pohon raksasa tersebut bernama jambu monyet atau jambu mete yang konon ranting cabang pohonya hampir menutupi luasnya dua kali lipat lapangan bola. 

Pohon raksasa itu berada dekat pantai Pirangi do Norte, Natal, Rio Grande do Norte dan sampai sekarang menjadi objek foto favorit para turis yang berkunjung ke Pirangi do Norte.

 

Menurut beberapa sumber, dalam bahasa Portugis pohon tersebut disebut Maior Cajueiro do Mundo atau dengan nama latin Anacardium Occidentale. 

 

Yang artinya pohon jambu monyet terbesar di dunia. Bahkan pohon jambu monyet ini pernah menyandang gelar Pohon dari Guiness World of Records. 

 

Bagaimana tidak, luasnya setara menanam 70 pohon jambu monyet biasa. Bahkan jika diukur dari batang pertama cabangnya mengakar hampir mencapai 50 meter.

 

Meski demikian kondisi pohon monyet tersebut tidak terjadi secara alami. Pasalnya pohon tersebut hasil rekayasa genetik. 

 

Karena setiap cabang pohon yang menempel ketanah membentuk akar baru, maka tidak heran jika cabang-cabang pohon tersebut terus merambat hingga seluas hampir dua hektar atau setara dua kali lipat besar lapangan bola.

Menurut para peneliti, pohon jambu monyet inibdiperkirakan berusia 1.000 tahun bahkan lebih. Bahkan siapa orang yang pertama menanam pohon ini masih simpang siur. 

 

Kategori :