6 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

6 Manfaat Daun Kenikir Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Daun kenikir kerap dijadikan sebagai lalapan untuk melengkapi makanan utama, tak hanya dikonsumsi sebagai lalapan saja namin daun kenikir ini dapat dimanfaatkan sebagai obat alami seperti mencegah berbagai macam penyakit tertentu seperti hipertensi,dan dibetes.

Daun kenikir ini merupakan tanaman yang berasal dari amerika latin, tetapi juga bisa kita  ditemukan di asia tenggara, termasuk indonesia punya beragam manfaat untuk kesehatan.

Daun yang memiliki nama latin cosmos caudatus ini di percaya sebagai salah satu makanan sehat, sebab Mengandung bebagai nutrisi di dalamnya.

Mulai dari serat, protein, karbohidrat serta beberapa vitamin lainnya, daun kenikir juga mengandung antioksidan tinggi.

Seperti quercetin, asam fenolat, flavonoid, dan asam klorogenat lewat kandungan tersebutlah, daun ini diklaim dapat  menghambat pertumbuhan sel kanker.

1. Menjaga kesehatan jantung

Kandungan antioksidan dan sifat anti peradangannya mampu melawan radikal bebas pemicu penyakit kronis.

Nah, penyakit jantung adalah salah satu penyakit kronis yang patut diwaspadai, namun hal ini masih butuh penelitian lebih mendalam lagi untuk membuktikan khasiatnya.

2. Mencegah dan mengobati diabetes

Salah satu manfaat daun dari kenikir yang paling populer ialah bisa mengobati serta mencegah penyakit diabetes tipe 2.

Diabetes tipe 2 ini terjadi ketika kadar gula darah sudah terlalu tinggi di dalam tubuh sebab insulin tidak bisa bekerja dengan efektif.

Beberapa penelitian menunjukan bahwa daun kenikir dapat memperbaiki kinerja insulin dalam tubuh, serta bisa mengurangi penyerapan glukosa berlebih dalam sistem pencernaan, sehingga kadar gula darah pun bisa terkendali.

3. Menurunkan tekanan darah

selain itu manfaat daun kenikir ialah dapat menurunkan tekanan darah menurut penelitian, daun kenikir ini memiliki efek diuretik yang dapat menurunkan tekanan darah.

Sumber: