Ragam Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Ragam Manfaat Andaliman Untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Andaliman atau yang sering dikenal sebagai merica batak merupakan  salah satu bumbu masak wajib yang biasa dipakai oleh orang Batak. 

Bukan hanya di Indonesia saja andaliman ini juga sudah umum digunakan sebagai bumbu rempah masakan di India, Cina, Tibet, Nepal, dan juga Thailand. 

Di luar negeri, andaliman ini lebih akrab disebut Sichuan pepper Nah, sama seperti rempah lainnya, merica batak ini ternyata memiliki segudang manfaat untuk kesehatan.

Andaliman ini memiliki nama ilmiah Zanthoxylum acanthopodium yang mengandung mineral, seperti vitamin A, zat besi, mangan, kalium, zinc, dan fosfor.

Selain itu, andaliman juga mengandung antioksidan tinggi seperti pitosterol, terpene, dan karoten.

Semua nutrisi penting tersebut mempunyai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Yuk simak apa aja manfaat dari andaliman untuk kesehatan yang wajib kamu ketahui.

1. Mencegah penyakit kronis.

Kanker serta penyakit kronis lainnya dapat disebabkan oleh jumlah radikal bebas yang berlebihan yang  sehingga  dapat menyebabkan sel-sel sehat bermutasi.

Antioksidan tinggi ditemukan di dalam merica batak dapat membantu menurunkan risiko masalah kesehatan akibat stres oksidatif yang terlalu tinggi dalam tubuh.

Stres oksidatif merupakan dalang dari berbagai penyakit kronis mulai dari radang sendi, penyakit jantung, aterosklerosis.

Stroke, hipertensi, dan tukak lambung, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, serta penyakit kanker,  sampai dengan menyebabkan penuaan dini.

2. Penambah Darah

Kadar zat besi yang cukup tinggi didalam andaliman membantu membentuk hemoglobin, protein dalam sel darah. merah.

Sumber: