Melalui Program Jum'at Bersih. Solusi Jitu Mendidik Masyarakat Pentingnya Menjaga Kebersihan

Melalui Program Jum'at Bersih. Solusi Jitu Mendidik Masyarakat Pentingnya Menjaga Kebersihan

Bupati Tanggamus mengajak masyarakat jaga kebersihan. Foto Zepta Heryadi--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Bupati Tanggamus Hj Dewi Handajani menghimbau  agar masyarakat kembali menggalakkan program jumat bersih di lingkungannya masing-masing. 

Ini bertujuan selain untuk mencegah  terjangkit penyakit demam berdarah dengue (DBD) juga mengantisipasi terjadinya bencana banjir.

"Program jumat bersih harus di galakan, karena ini program positif,"katanya. 

Istri mantan Bupati Tanggamus Bambang Kurniawan ini melanjutkan, program jumat bersih ini menjadi fokus utama untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan. 

Tidak hanya di lingkungan perkotaan, tetapi  juga sampai ke pekon-pekon dengan melibatkan sejumlah instansi terkait, baik dari pemerintah Kecamatan, Pekon dan TNI maupun Polri.

“Tanpa adanya kerjasama dan partisipasi aktif dan kesadaran dari masyarakat program ini sulit berjalan. Mangkanya kesadaran dalam menjaga kebersihan sangat diperlukan,"ujarnya. 

Bunda panggilan akrab Dewi Handajani ini menyampaikan, kebersihan dan keindahan lingkungan sangat perlu dijaga bersama, karena selian bisa mencegah dari penyakit DBD juga musibah banjir.

“Menjaga kebersihan itu sangat penting, terutama dalama menjaga kesehatan lingkungan sekitar. Untuk itu saya berharap agar masyarakat juga dapat  berpartisipasi dalam  menjaga kebersihan bersama,” imbuhnya. 

Bupati mengaku, program jumat bersih ini juga salah satu melestarikan budaya gotong-royong

Sasarannya tidak hanya pada drainase atau saluran yang tersumbat, tapi juga rumput-rumput yang sudah meninggi di pinggir jalan dibersihkan, terlebih titik lokasi berada di jantung kota yang merupakan pusat perhatian orang luar.

"Sekarang masih musim hujan jadi mana saluran yang tersumbat kembali dinormalkan, dan ini juga harus di motori camat setempat,"jelasnya.

Selain lain itu, program ini bisa dilakukan setiap pekon dengan bergilir.

"Camat wajib koordinasi dengan pekon-pekon, siap atau tidak jika dilakukan kegiatan jumat bersih di pekonnya dengan melibatkan warga setempat dalam kegiatan itu. 

Sumber: