Bukan Hanya Negeri, Lembaga Pendidikan Swasta Juga Minta Di Perhatikan

Bukan Hanya Negeri, Lembaga Pendidikan Swasta Juga Minta Di Perhatikan

Anggota DPRD Tanggamus Helmi minta pemerintah tidak hanya fokus ke pendidikan negeri saja, melaikan swasta juga. Foto Zepta Heryadi--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanggamus, Lampung diminta untuk tidak hanya memperhatikan sekolah yang berstatus negeri saja. 

Tapi jiga harus memberikan perhatiannya kepada sekolah-sekolah swasta baik di bidang fisik,  pendapatan dan Sumberdaya Manusia (SDM). 

Pasalnya, jika perhatian hanya fokus pada Sekolah Negeri maka swasta akan sulit akan maju. 

Anggota DPRD Tanggamus Helmi mengatakan, bahwa perhatian yang bisa diberikan oleh pemerintah tersebut bisa seperti peningkatan kualitas SDM, gedung sekolah dan tunjangan tenaga pendidik. 

Pasalnya, meski sekolah swasta mendapatkan bantuan dana BOS tapi jumlahnya tidak sebesar negeri, bahkan untuk membayar tenaga pendidik saja mereka masih minim.

"Memang 20 persen anggaran APBD kita terserap di pendidikan, dan dana itu lebih terfokus ke negeri,"katanya. 

Ini karena lanjutnya, sekolah swasta berada di naungan lembaga atau yayasan, sehingga masalah kebutuhan  tanggungjawab mereka.

"Bukan gak ada, ada tapi nominalnya kecil,"ujarnya. 

Masih kata Politisi PKB ini, pada dasarnya sekolah merupakan satu-satunya pusat keunggulan, bukan salah satu. 

Karena itu, setiap sekolah baik negeri maupun swasta dituntut untuk bisa memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan bermutu, terlebih lagi juga harus bisa menanamkan pendidikan karakter kepada siswa-siswanya.

"Pemerintah harus bisa merangkul semua pendidikan, tidak hanya negeri tapi juga swasta karena tujuan sekolah adalah sama yakni mencerdaskan anak bangsa,"ungkapnya

Menurutnya. Jika pemerintah hanya memikirkan sekolah negeri maka pendidikan yang ada sulit akan maju. 

Padahal, sekolah itu adalah satu-satunya pusat keunggulan. Bukan salah satu yang di unggulkan. 

Sumber: