Puncak HUT ke-3 DKLS Meriah

Puncak HUT ke-3 DKLS Meriah

Diskominfo Lamsel – Ketua Umum DKLS, Hj. Winarni Nanang Ermanto, memotong tumpeng pada acara puncak peringatan HUT ke-3 DKLS di Sekretariat DKLS, Jum’at (15/9/2023).--

KALIANDA, RADARTANGGAMUS.CO.ID – Acara puncak peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-3 Dewan Kesenian Lampung Selatan (DKLS) berlangsung meriah. Acara yang dikemas dengan berbagai pertunjukan seni ini berlangsung di halaman Sekretariat DKLS, Jum’at (15/9/2023).

Dalam kegiatan ini, turut dihadiri Bupati Lamsel, H. Nanang Ermanto, Ketua Umum DKLS Hj. Winarni Nanang Ermanto, Ketua DWP, Yani Thamrin dan sejumlah Kepala OPD dilingkungan Pemkab Lampung Selatan.

Selain itu, hadir pula para penggiat seni, budayawan dan tokoh masyarakat di wilayah Lampung Selatan. Hal ini menjadi peristiwa yang penuh makna sebagai upaya melestarikan seni dan budaya di bumi Khagom Mufakat.

Dalam laporannya, Ketua Harian Dewan Kesenian Lampung Selatan, Ponimin, SE, MM mengatakan, rangkaian perayaan HUT DKLS tahun ini disi dengan berbagai kegiatan.

BACA JUGA:Dewan Kesenian Dapat Sekretariat Representatif

Mulai dari kegiatan bakti sosial seperti donor darah, workhsop seni rupa dan lukisan, dogeng budaya serta berbagai pertunjukan seni seperti tari ngutton, pembacaan puisi, sagata (pantun), pertujukan angklung dan pertunjukan seni lainnya.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah memupuk silaturahmi antar seniman dan anggota DKLS Kabupaten maupun Kecamatan agar lebih maju serta semangat mengembangkan seni, budaya di Lampung selatan,” kata Ponimin dalam laporannya.

Sementara itu, Ketua Umum DKLS Hj. Winarni Nanang Ermanto, mengungkapkan rasa syukur atas perjalanan Dewan Kesenian Lampung Selatan dalam menjalankan misi memajukan seni dan budaya di daerah ini.

“Walaupun masih terbilang muda, namun para penggiat seni DKLS akan terus berkiprah dan berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam melestarikan budaya Lampung Selatan,” kata Winarni.

Selain itu, Bunda Winarni mengungkapkan, betapa pentingnya dukungan pemerintah daerah terhadap perkembangan kesenian dan budaya lokal.

“Maka melalui DKLS sebagai wadah para insan seni agar dapat mengekspresikan diri dan mengeksplore potensi seni, budaya di Lampung Selatan untuk tetap hidup dan lestari,” tambahnya.

Di tempat yang sama, Bupati Lampung Selatan H. Nanang Ermanto mengatakan, seni dan budaya adalah warisan berharga yang harus senantiasa dijaga dan lestarikan. Maka dari itu, pemerintah daerah selalu mendukung upaya-upaya dalam hal memajukan kesenian dan budaya lokal.

“Melalui kolaborasi antar semua pihak, misal dengan pelaku usaha kemudian mengemas sebuah kegiatan seni budaya ke dalam kalender tahunan yang menarik,” ujar Nanang.

Nanang mengingatkan, akan pentingnya peran DKLS dalam mempromosikan dearah Lampung Selatan khususnya pada sektor seni dan budaya. Dengan kemasan yang kreatif, inovatif agar lebih dikenal masyarakat luas.

Sumber: