Pj. Bupati Tanggamus Minta Semua Pekon Kembangkan BUMdes

Pj. Bupati Tanggamus Minta Semua Pekon Kembangkan BUMdes

Pj. Bupati Tanggamus minta Pekon kembangkan BUMdes di kembangkan. Foto ilustrasi/net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Dinas Pemberdaayan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Tanggamus, Lampung menghimbau pekon yang ada di Bumi Begawi jejama ini.

Supaya dapat memaksimalkan operasional Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai upaya meningkatkan ekonomi pekon.

“Bumdes harus berkembang, Jika tidak, maka dinilai tak akan maksimal,"Kata Pejabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan. 

Mulyadi menerangkan, dana Bumdes adalah dana abadi pekon yang harus bisa diolah guna peningkatan perekonomian masyarakat setempat.

“Banyak potensi di pekon yang bisa dikembangkan. Oleh karena itu harus ada langkah proaktif dari pemerintah pekon,” ungkapnya. 

Menurutnya, meski pengurus BUMDes terpisah dari perangkat pekon, tapi dalam memajukan badan usaha tersebut juga membutuhkan suport dari perangkat pekon.

Sebab lahirnya Bumdes ini dari pekon dan modalnya suntikan dari pekon.

"Meski pengurus BUMDes terpisah dari perangkat pekon, namun dalam pelatihan ini kami menekankan.

Kepada aparatur pekon untuk ikut berperan seperti pemasarannya. Apalagi badan usaha yang dijalankan membidangi simpan pinjam,"terangnya. 

Pj. Bupati membeberkan, dalam waktu dekat ini semua Bumdes akan dievaluasi terkait resapan anggaran dan hasil yang didapat.

"Secepatnya akan dievaluasi, dan rencananya terkait Bumdes akan ada pemetaan bagi yang masuk zona hijau, kuning dan merah. Ini bertujuan agar dana Bumdes tepat sasaran,”terangnya.

Kepala Dinas Bappelitbang Provinsi Lampung menambahkan, BUMDes harus aktif di masing-masing pekonbdalam menjalankan usaha. Hal ini supaya pekon lebih maju dalam BUMDes.

"Masih banyak pekon yang belum mmenjalankan BUMDes dengan baik. Kepala pekon harus mengevaluasi BUMDes apakan sudah berjalan dengan baik atau belum,” ujarnya.

Sumber: