Melihat Seni Tari Khas Lampung Dan Maknanya, Tarian Apa Saja?

Melihat Seni Tari Khas Lampung Dan Maknanya, Tarian Apa Saja?

Mengenal beragam jenis tarian dari Provinsi Lampung berikut maknanya. foto Radartanggamus.disway.id--

 

RADARTANGGAMUS.COID--Lampung merupakan provinsi yang kaya akan nilai budaya serta tradisi. Tidak hanya itu provinsi berjuluk Sang Bumi Ruwa Jurai ini juga memiliki bermacam tarian adat.

Tarian adat Lampung ini. Biasanya dipertunjukkan pada acara adat, pada zaman dahulu atau untuk menyambut tamu penting lainnya. 

Berikut bermacam seni tari khas Lampung yang masih terjaga kelestariannya hingga sampai saat ini. 

1. Tari Cangget

Tari Cangget adalah seni tari Lampung terkenal. Tarian ini dipertunjukkan pada saat acara adat, yang diperankan oleh pemuda dan pemudi Lampung.

Tarian Cangget merupakan tari pertama di Lampung dan ada sejak tahun 1942

Tarian ini memiliki arti dan sebagai harapan kepada seseorang yang telah diberi gelar agar dapat menjalankan kewajibannya serta menjadi suri tauladan bagi masyarakat.

2. Tari Sembah Pengunten

Tari Sembah Pengunten, sering juga disebut Tari Sigeh Pengunten. Tarian ini merupakan tarian yang dipertunjukkan bagi tamu tamu kehormatan dan umum digunakan pada sat acara acara lainnya.

Tarian ini memiliki filosofi, perpaduan dua suku besar di tanah Lampung yaitu Pepadun dan Saibatin.

Kendati berbeda letak geografis dan juga bahasa yakni pepadun notabenenya mendiami wilayah daratan sementara Sai Batin mendiami wilayah Pesisir. 

Namun keduanya tetap hidup rukun dan damai serta harmonis menyatu dalam perpaduan tari Sigeh Pengunten.

Tari ini juga mencerminkan satu kesatuan dalam gerak dan langkah. Dan ini tercermin dalam setiap gerakan tarian Sigeh Pengunten. 

Sumber: