Buaya 1,5 Meter Muncul di tepi Jembatan Way Sekampung Panggungrejo, BPBD Pringsewu Imbau Warga Waspada

Buaya 1,5 Meter Muncul di tepi Jembatan Way Sekampung Panggungrejo, BPBD Pringsewu Imbau Warga Waspada

BPBD Pringsewu bersama aparat Pekon Panggungrejo kecamatan Sukoharjo memasang banner himbau hati-hati ada buaya di sungai way Sekampung--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - seekor anak buaya berukuran sekitar 1,5 meter muncul di bawah jembatan panggungrejo kecamatan Sukoharjo yang berbatasan dengan Pekon Mataram kecamatan Gadingrejo kabupaten PRINGSEWU Lampung sempat membuat geger masyarakat sekitar pada pertengahan September 2023 lalu. 

Kemunculan seekor buaya yang sedang berjemur di bawah jembatan itu meskipun hanya sebentar hingga kembali menyelam ke sungai membuat heboh di media sosial (Medsos). 

Menanggapi hal itu Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kabupaten Pringsewu langsung turun dengan memasang empat titik baner himbau kepada masyarakat yang berada di pinggir sungai Way Sekampung untuk selalu waspada saat beraktifitas. 

 

Kepala BPBD Pringsewu, Nang Abidin Hasan mengatakan awal mula munculnya seekor buaya dengan panjang kurang lebih 1.5 meter itu sedang berjemur dipinggir sungai disekitar bawah jembatan Mataram panggungrejo yang dilihat oleh 4 orang pemancing pada sekitar pertengahan September 2023 lalu. 

 

"Kemudian masyarakat yang merasa resah melaporkan kepada pihak BPBD Kabupaten Pringsewu.

Sehingganya menindaklanjuti laporan tersebut, BPBD Kabupaten Pringsewu melakukan peninjauan ke lokasi dan meminta keterangan dari masyarakat yang diwakili oleh kepala Pekon Panggungrejo, Supartono, "ucapnya.

 

Menurut Nang Abidin Hasan, Dari hasil peninjauan dan pengumpulan keterangan di lapangan, BPBD menindaklanjuti dengan memasang banner himbauan agar masyarakat lebih berhati-hati ketika beraktivitas di wilayah sungai Way Sekampung Pringsewu. 

"Banner tersebut kita pasang di 4 titik pinggir sungai Way Sekampung Pekon Panggungrejo yang sering terdapat aktivitas masyarakat,"ucapnya.

 

Lanjut Nang Abidin Hasan, pihak juga membuat laporan untuk konsultasi kepada Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) terkait muncul se ekor buaya di pinggir sungai way Sekampung Panggungrejo. 

"Yang jelas kita sudah buat laporan kesana tinggal menuggu petunjuk dari BKSDA tindakan lanjut seperti apa. Karena, biasa kalau buaya itu bisa muncul lagi BKSDA yang akan menindaklanjuti dengan menangkap buaya yang termasuk hewan dilindungi, " Kata dia. 

Sumber: