Suku Jawa Tersebar Hingga di Negara Ini Negara Mana Saja?

Suku Jawa Tersebar Hingga di Negara Ini Negara Mana Saja?

Suku Jawa tersebar hingga ke berbagai luar negara. Negara mana saja. Foto Pixabay --

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Suku Jawa merupakan suku terbesar di Indonesia saat ini, hampir disetiap daerah terdapat komunitas Suku Jawa, bahkan sebaran suku yang satu ini tidak hanya di Indonesia saja bahkan hingga ke luar Indonesia.

Sehingga di beberapa negara ini terdapat kelompok masyarakatnya yang menggunakan bahasa Jawa dalam keseharian.

Suku Jawa telah dikenal sejak lama bahkan penyebaran mereka tidak hanya di Indonesia saja melainkan luar negeri.

Hal itu tidak terlepas dari jumlah penduduk suku Jawa yang bertransmigrasi ke beberapa wilayah.

Hal itu lantaran untuk mencari penghidupan dan juga faktor ekonomi, maupun status perkawinan, bahkan migrasi di zaman penjajahan Belanda dan lain sebagainya.

Beberapa negara berikut ini kendati jaraknya ribuan kilometer dari Indonesia namun ada beberapa kelompok suku jawa bahkan menggunakan bahasa Jawa dalam kesehariannya.

Hal itu menandakan bahwa, suku Jawa selain merupakan terbesar namun juga penyebarannya masif hingga keberbagai pelosok wilayah.

Keberadaan suku Jawa di beberapa negara ini menandakan bahwa suku ini telah lama ada selain itu keberadaan mereka juga dapat menyesuaikan dengan adat dan istiadat, mudah bergaul, dan menjaga sopan santun.

Berikut ini beberapa negara yang terdapat suku Jawa bahkan dalam kesehariannya menggunakan bahasa Jawa dalam berkomunikasi.

1. Malaysia 

Negara pertama yang terdapat suku Jawa yakni negeri Jiran Malaysia.

Malaysia dikenal masih satu rumpun dengan Negara kita Indonesia, hal itu tidak terlepas dari dialek bahasa yang digunakan memiliki kesamaan.

Namun rupanya bukan hanya dialek bahasa sehari hari saja yang memiliki kesamaan antara Malaysia dan Indonesia.

Sumber: