Pemkab Pringsewu Serahkan Beras CPP Bantuan Tahap II

Pemkab Pringsewu Serahkan Beras CPP Bantuan Tahap II

Caption : Penjabat Bupati Pringsewu, Adi Erlansyah secara simbolis menyerahkan Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan tahap II disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Pekon Pagelaran--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Bantuan Pangan tahap II disalurkan kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Balai Pekon Pagelaran, Kecamatan Pagelaran, Kabupaten PRINGSEWU, Senin (9/10).

 

Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah saat menyerahkan secara simbolis bantuan tersebut kepada KPM mengatakan penyaluran CPP dilakukan untuk mengatasi kekurangan pangan, gejolak harga pangan, bencana alam, bencana sosial dan keadaan darurat, dengan sasaran masyarakat miskin atau yang mengalami rawan pangan dan gizi, dengan data dari Kementerian Sosial, Kementerian Pertanian, BNPB, BKKBN dan lembaga lainnya yang ditetapkan pemerintah. 

 

"Penyaluran bantuan pangan dilaksanakan oleh Badan Pangan Nasional bekerjasama dengan Perum Bulog.

Hal ini sejalan dengan arahan Presiden Jokowi yang meminta bantuan pangan disalurkan dengan baik guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokok sehari-hari, sekaligus diharapkan dapat membantu mengendalikan harga beras di pasaran," katanya.

 

Dijelaskan Adi Erlansyah, penyaluran tahap I bantuan pangan beras di Kabupaten Pringsewu pada 13 April 2023 lalu telah berjalan lancar, dengan jumlah penerima 40.490 KPM dan jumlah beras yang disalurkan tiap bulannya 404.900 kg/bulan, yang disalurkan Perum Bulog ke kantor-kantor pekon penerima, untuk selanjutnya disalurkan kepada KPM.

 

"Untuk tahap kedua, secara nasional telah diluncurkan Presiden Joko Widodo pada 11 September 2023 di gudang Bulog Dramaga, Bogor.

Sedangkan untuk Pringsewu, penyaluran tahap kedua periode September-November 2023 dimulai 15 September 2023 dengan jumlah penerima 37.733 KPM berjumlah 370.733 kg/bulan," jelasnya. 

 

Penjabat Bupati Pringsewu menyebutkan untuk Kecamatan Pagelaran pada penyaluran tahap II ini terdapat 4.565 KPM tersebar di 22 pekon, dimana untuk Pekon Pagelaran sendiri terdapat 286 KPM.

Ia berpesan kepada pihak yang terlibat dalam penyaluran bantuan agar menjalankan amanah dengan baik sehingga benar-benar tepat sasaran.

Sumber: