Ini 9 Manfaat dan Khasiat Daun Semanggi untuk Kesehatan Salah Satunya dapat Meredakan Demam dan Mengobati Flu

Ini 9 Manfaat dan Khasiat Daun Semanggi untuk Kesehatan Salah Satunya dapat Meredakan Demam dan Mengobati Flu

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Daun semanggi merupakan jenis daun paku air yang yang sering ditemukan di daerah persawahan ataupun di tepi sungai serta kawasan yang lembab dan penuh air.

Ciri khas dari daun semanggi ini adalah bentuknya yang seperti payung dengan daun yang berjumlah empat di setiap tangkainya.

Daun semanggi ini sering digunakan sebagai bahan pecel yang khas dari daerah Surabaya dan jenis makanan lainnya, karena rasanya yang segar sehingga membuat daun ini disukai oleh banyak orang.

Daun semanggi tidak hanya berguna untuk di konsumsi saja, tetapi juga berkhasiat untuk mencegah berbagai macam penyakit dalam tubuh. 

BACA JUGA:9 Manfaat Daun Sambung Nyawa Bagi Kesehatan Cara Konsumsinya

Kandungan senyawa dalam daun yang cantik ini yaitu saponin, zat samak, dan minyak atsiri.

Perlu Anda ketahui bahwa beberapa kandungan dan manfaat tersebut dapat mengobati penyakit sederhana sampai dengan penyakit kronis.

Nah maka dari itu tak heran jika sudah banyak pengobatan herbal, yang menggunakan daun semanggi ini sebagai bahan dasar obat.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat dari daun semanggi, berikut kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan.

BACA JUGA:Ini 7 Manfaat Daun Sendok Jarang Diketahui Sebagai Obat Herbal, Salah satunya Mempercepat Penyembuhan Luka

1. Mengatasi infeksi saluran kencing

Khasiat yang pertaman dari daun semanggi ini yaitu sebagai obat yang bisa mengatasi penyakit pada saluran kencing.terutama infeksi. 

Saluran ini sa vat berpotensi mengidap banyak infeksi karena menjadi tempat tumbuhnya kuman serta bakteri.

2. Mengobati terlambat datang bulan

Sumber: