5 Khsiat daun Saga untuk Kesehatan Salah satunya Bisa Mengurangi Gula Darah

5 Khsiat daun Saga untuk Kesehatan Salah satunya Bisa Mengurangi Gula Darah

Foto Ilustrasi net/Lazada--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Daun saga telah digunakan sebagai obat tradisional sejak zaman dulu. Tanaman saga ini adalah sejenis tanaman merambat yang biasa tumbuh bebas di ladang, pekarangan atau di tepat lainnya.

Tumbuhan ini mempunyai bulu dan berbentuk lonjong. Daun saga mempunyai struktur daun majemuk bersirip yang tidak biasa juga bunga ungu muda di atas biji merah dengan titik-titik hitam. 

Daun saga diyakini mempunyai beragam manfaat untuk tubuh, salah satunya dapat membantu menyembuhkan gangguan infeksi juga melawan kanker tertentu.

Cara agar bisa mendapatkan manfaatnya, anda bisa meminum air rebusan daun ini.

BACA JUGA:Ragam Manfaat Tanaman Cocor Bebek untuk Kesehatan Salah satunya dapat Menurunkan Kolestrol

Daun saga sering digunakan sebagai obat herbal untuk pengobatan alternatif serta mengobati epilepsi, batuk, dan sariawan.

Karena kandungan zat bioaktif, daun saga berpotensi untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Daun saga ini juga mengandung zat kimia flavonoid, abrin, serta kolin, trigonelin, dan lain-lain. 

Zat tersebut diklaim mempunyai potensi efek antibakteri, antikanker, antioksidan, hepatoprotektor (pelindung hati), serta kardioprotektif (pelindung jantung).

Daun saga sering digunakan sebagai obata herbal alami untuk pengobatan alternatif  Daun ini bisa mengatasi berbagai penyakit salah satunya sel kanker tertentu

Lantas apa saja manfaat dari daun saga untuk kesehatan mari kita simak penjelas berikut: 

BACA JUGA:Ini 9 Manfaat dan Khasiat Daun Semanggi untuk Kesehatan Salah Satunya dapat Meredakan Demam dan Mengobati Flu

1. Mengurangi Gula Darah

Daun saga juga telah digunakan secara tradisional sebagai obat untuk melawan diabetes, dari salah satu penelitian, ekstrak daun sag bisa mengurangi kadar glukosa darah pada tikus dan diabetes tipe 1

Dengan mengaktifkan reseptor tertentu terhadap manusia, ekstrak daun saga ini telah terbukti dapat menurunkan gula darah 

Sumber: