Begini Cara Membedakan Antara Madu Asli Dengan Madu Palsu

Begini Cara Membedakan Antara Madu Asli Dengan Madu Palsu

Cara membedakan madu asli dengan madu palsu. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Semua orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan jenis makanan yang satu ini.  Sebab selain bisa menambah stamina ternyata banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh.

Salah satunya Madu. Madu banyak mengandung nutrisi penting di dalamnya yakni berupa antioksidan yang berupa polifenol dan flavanoid. 

Kedua kandungan ini bisa mengatasi peradangan hingga vitamin serta mineral yang mampu berperan membangun sistem kekebalan tubuh.

Namun sayang, sebab tingginya minat pasar kepada makanan ini membuat para oknum pedagang nakal tega menjual madu palsu, dan ini sangat merugikan masyarakat.

Selain itu, madu palsu tidak mempunyai banyak manfaat bagi tubuh, sebab madu terbuat dari pemanis lain yang hanya bisa memberiman rasa manis tapi tidak bermanfaat bagi kesehatan.

Begitu juga antara madu asli dengan palsu. madu asli dihasilkan dari lebah hutan atau perternakan. Tapi ada ciri-ciri yang harus diketahui antara madu asli dengan palsu.

Madu asli terbuat dari sebuah kembang atau nektar bunga yang dikumpulkan oleh lebah. Ada macam jenis madu yang kerap diberi nama sesuai asal-usul bunga yang dikumpulkan oleh lebah madu.

Setelah Nektar disedot lebah kemudian dibawa ke sarang lebah guna melewati tiga tahap prosesan sebelum menjadi madu.

Untuk tahap awal, enzim bunga akan disuntikkan ke dalam nektar yang mengental sehingga nantinya membentuk fermentasi nektar.

Kemudian tahap kedua, enzim itu akan menjadi cairan nektar yang didalam bunga kemudian berupah menjadi madu.

ke tiga lebah akan terus prosesnya hingga secara alami madu mengalami proses ekstraksi sampai kadar airnya menghilang mencapi 90 persen.

Dari proses itu maka bisa menyebabkan madu mempunyai warna coklat keemasan serta mempunyai konsistensi yang kental.

Tanpa tes laboratorium kamu dapat membedakannya melalui empat metode sederhana.

Sumber: