Bangun Sayap Untuk Talud Badan Jalan

Bangun Sayap Untuk Talud Badan Jalan

GISTING - Perbaikan ruas jalan lintas barat (Jalinbar) perbatasan Gisting Bawah dengan Gisting Atas berangsur-angsur dikerjakan. Saat ini proses pengerjaan telah mulai pembuatan talud untuk badan jalan yang longsor. Darmawan, yang merupakan pengawas lapangan, mengatakan pembuatan talud untuk badan jalan tersebut adalah lanjutan dari pemasangan box culvert, beberapa waktu lalu,  Maka saat ini sedang dipersiapkan pembuatan untuk badan jalan.  mulai dari pembuatan talud dan sayap gorong-gorong box culvert. Tinggi sayap gorong-gorong yang mencapai tiga meter dengan lebar hampir dua meter \"Untuk sekitar gorong-gorong memang dibuatkan sayap, tidak langsung talud. Setelah sayap baru pembuatan talud,\"kata Darmawan, Minggu (29/4). Ia menerangkan bentuk bangunan sayap gorong-gorong berupa semen cor. Sedangkan talud berupa batuan yang disemen, tingginya sekitar tiga meter sama dengan tinggi sayap gorong-gorong, dan panjang talud sekitar 20 meter, dengan ketebalan talud sekitar satu meter. Hal ini dilakukan untuk memperkuat badan jalan Sebab posisi jalan langsung menghadap lembah. Selain itu untuk memperkuat dasar badan jalan karena bersebelahan dengan lembah maka dipasangkan bronjong, yang merupakan penahan badan jalan secara keseluruhan. \"Jumlah gorong-gorong yang sudah terpasang tetap 12 buah. Pemasangan dengan pola berjajar dua baris, Jika nantinya talud, sayap gorong-gorong sudah selesai barulah dibuat badan jalan. Caranya dengan menimbun badan jalan yang dibongkar dengan material tanah campur batuan, mungkin memerlukam waktu seminggu untuk menunggu talud, sayap gorong-gorong kuat,\"terangnya. Sementara itu, lanjutnya perbaikan pada jalinbar ruas Pekon Batu Keramat, Kecamatan Kota Agung Timur sekitar Pos Babinsa, sudah hampir selesai khususnya di sisi jalan yang longsor, Pekerjaan berupa pemasangan beronjong setinggi sekitar lima meter, dan penambahan panjang dua alur gorong-gorong. Sisa pekerjaan hanya tinggal memberikan tanah untuk bahu jalan yang nantinya juga untuk pemasangan guadrile, dan jika sudah selesai maka sisi jalan seberangnya juga akan diperbaiki. Khususnya pada bagian tempat masuknya air dalam gorong-gorong. Sebab kondisi saat ini sisi itu sudah longsor dan materialnya menutup alur gorong-gorong. \"Nanti kalau sisi jalan yang longsor selesai, pindah ke perbaikan seberangnya. Nanti dibuat talud lagi biar tidak longsor juga. Jadi dua sisi jalan diperbaiki semua, apakah nanti akan dibangun bronjong atau hanya talud saja  kita lihat kebutuhan dilapangan, seperti apa,\"tandasnya. (iqb)

Sumber: