Mungkin Anda Pernah Merasakan Kelelahan Mental. Berikut Ini Ciri Cirinya

Mungkin Anda Pernah Merasakan Kelelahan Mental. Berikut Ini Ciri Cirinya

Fisil butuh mental. Foto net--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Kelelahan mental merupakan kondisi sesaat seseorang akan merasa lelah secara emosional, baik secara fisik maupun mental. 

Kelelahan mental bisa disebabkan oleh berbagai faktor, contohnya tekanan pekerjaan, tekanan keuangan, hubungan yang sulit, kehilangan orang yang dicintai, trauma, atau penyakit kronis lainnya.

Kelelahan mental bisa memengaruhi kesejahteraan mental seseorang dan bisa mempengaruhi berbagai aspek kehidupan sehari-hari. 

Kelelahan mental bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti kesulitan berkonsentrasi, sulit membuat keputusan, dan dapat mengurangi nafsu makan.

Berikut ini ciri orang yang mengalami kelelahan mental

1. Cemas dan Stres Berkepanjangan

Cemas dan stres berkepanjangan merupakan ciri kelelahan mental sebab keduanya adalah respons tubuh terhadap situasi yang dianggap mengancam atau menantang.

Saat seseorang mengalami cemas dan stres berkepanjangan, maka tubuh akan melepaskan hormon stres, seperti kortisol dan adrenalin. 

2. Perasaan Panik dan Tertekan yang Tak Kunjung Mereda

Perasaan panik dan tertekan yang tidak kunjung mereda merupakan ciri yang sering terjadi kelelahan mental. 

Kelelahan mental bisa memicu gejala seperti kecemasan, stres, dan perasaan tertekan yang dapat menjadi sangat mengganggu. 

3. Sulit Berkonsentrasi

Sulit berkonsentrasi merupakan salah satu gejala kelelahan mental yang paling umum dirasakan. Hal itu karena oleh berkurangnya daya fokus dan perhatian yang disebabkan oleh stres dan kelelahan. 

Sumber: