Dibalik Keindahan Wisata Gua Matu, Benarkah Dihuni Oleh 12 Kerjaan Gaib

Dibalik Keindahan Wisata Gua Matu, Benarkah Dihuni Oleh 12 Kerjaan Gaib

Dibalik keindahan gua Matu, konon dihuni oleh sosok gaib. Foto dok u8yokofeur --

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Gua matu adalah salah satu destinasi wisata yang ada di Kabupaten Pesisir Barat , Provinsi Lampung. 

Gua Matu dipercaya mempunyai sisi mistis tentang adanya 12 kerajaan gaib yang diyakini secara turun temurun oleh penduduk sekitar.

Wisata Gua Matu ini berada di Desa Way Sindi Hanuan, Kecamatan Karya Penggawa. Gua tersebut bisa ditempuh menggunakan jalur darat Jalan Lintas Barat Sumatera dalam waktu 5 jam 30 menit dengan jarak 253 kilometer dari Kota Bandar Lampung. 

Tapi jika dari Kota Krui jarak ke lokasi hanya berkisar sekitar 11 kilometer serta memakan waktu 20 menit menggunakan kendaraan.

Lokasi wisata ini tidak begitu sulit ditemukan jika dari Krui, letak gerbang ada di sebelah kiri Jalan Lintas Barat Lampung dan Bengkulu.

Ketika memasuki gerbang pengunjung anda akan disambut oleh tenangnya suasana hutan dan beberapa suara satwa khas yang ada disana. 

Anda juga tidak akan dikenai tiket masuk melainkan hanya memberikan uang seikhlasnya kepada juru kunci yang akan langsung memandu wisata ini.

Ketika di tengah perjalanan wisatawan juga akan disuguhkan langsung oleh pemandangan laut dari atas bukit yang mengarah langsung ke lautan lepas. 

Dalam perjalanan menuju gua ini anda akan menuruni anak tangga yang berjumlah 299 anak tangga. 

Sebelumnya waktu membangun anak tangga itu sangat sulit karena medannya yang curam juga sering ada hal ganjil yang bisa terjadi seperti mesin eskavator kerap mati mendadak tanpa sebab.

Keadaan semakin hening ketika menuruni anak tangga hutan lebat di kanan kiri jalan yang menambah kesan mistis dan sangat kuat. 

Gua Matu ini berada di bawah tebing yang langsung menghadap ke laut. Juru kunci Gua Matu Makmur mengatakan, lokasi tersebut merupakan tempat sakral yang dijadikan lokasi pertemuan 12 kerajaan laut.

Bahkan kata Makmur Nyi Roro Kidul kerap mengunjungi gua itu saat melakukan pertemuan dengan kerjaan lain.

Sumber: