Indonesia Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Indonesia Akan Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Palestina

Serangan udara Israel ke wilayah Palestina menyebabkan sejumlah gedung dan rumah warga hancur. Pemerintah Indonesia berencana mengirimkankan bantuan kemanusiaan ke wilayah Palestina menggunakan pesawat TNI AU. Foto Reuters --

JAKARTA,RADARTANGGAMIS.CO.ID--Serangan Israel ke Palestina semakin membabi buta, telah banyak korban dari warga sipil di Palestina akibat serangan militer.

Sejumlah negara telah  mengirimkan bantuan kemanusiaan ke Gaza yang sedang menghadapi serangan dari Israel.

Salah satu Negera di kawasan Asia yang mendukung perjuangan Palestina di Gaza, adalah Indonesia.

Sebagai bentuk dukungan terhadap warga Palestina di Gaza, pemerintah Indonesia berencana mengirimkankan bantuan.

BACA JUGA:Puluhan Relawan AWG Pringsewu Galang Dana Untuk Palestina

Presiden RI, Joko Widodo, menyatakan bahwa pemerintah akan segera mengirim bantuan kemanusiaan sesuai dengen kebutuhan masyarakat Gaza, Palestina.

Menindak lanjuti arahan dari presiden Jokowi tersebut, TNI telah menyiapkan 2 pesawat Hercules C-130 A-1327 dan A-1328 milik Angkatan Udara (AU) untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi rakyat Palestina. 

Kepala Pusat Penerangan TNI,Laksda Julius Widjojono mengatakan bahwa selain menyiapkan dua pesawat Hercules dari Skadron Udara 31 dan 32, TNI juga menyiakan dua pesawat Hercules cadangan dalam mendukung misi tersebut.

Adapun dua pesawat pendukung yang disiapkan antara lain satu pesawat carter yakni Boeing 737 Garuda dari Polri juga akan dilibatkan dalam pengiriman bantuan untuk warga Palestina.

BACA JUGA:LAZ ABA Galang Dana Untuk Palestina

"Sehingga total dukungan pesawat untuk mengangkut logistik bantuan kemanusiaan ke Palestina berjumlah tiga unit pesawat," ujarnya seperti dikutip dari laman Disway.id.

Julius melanjutkan, apabila saat ini pihak Kementerian Luar Negeri RI sedang mengajukan nota diplomatik visa terkait over flight clearance, landing permit, ground handling, dan lain-lain. 

Sedangkan Kementerian Pertahanan (Kemhan) RI membantu pembiayaan pengiriman bantuan.

Julius juga mengungkapkan bahwa nantinya Presiden Jokowi sendiri yang akan akan melepas pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina ini pada Sabtu 4 November pada pukul pukul 08.30 WIB di Base Ops Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur.

Sumber: