Wisata Air Terjun Way Tawas, Terkenal Asri Dan Cantik Di Lampung Selatan

Wisata Air Terjun Way Tawas, Terkenal Asri Dan Cantik Di Lampung Selatan

Keindahan wisata air terjun way tawas yang ada di Lampung selatan. Foto detik.com--

 

RADARTANGGAMUS.CO.ID-- Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung mempunyai berbagai destinasi wisata yang dapat menyuguhkan panorama alam nan indah.

Salah satunya yang bisa anda kunjungi yakni air terjun Way Taya. Wisata ini berada di Kaki Gunung Rajabasa, Dusun Pangkul, Desa Sukaraja, Kecamatan Kalianda.

Air terjun Way Tayas mempunyai keindahan yang alami dengan ketinggian sekitar 69 meter.

Kemudian di bagian bawahnya ada kolam yang bisa digunakan untuk berenang dengan kedalaman tidak sampai 2 meter.

Suasana perkebunan kopi dan kakao milik warga menjadi penambah nilai eksotik dalam perjalanan mencapai air terjun yang terletak dibawah kaki Gunung Rajabasa itu.

Air terjun Way Tayas ini masih sangat asri dan alami, alamnya juga masih sangat bagus.

Tidak hanya itu, disana juga masih terdapat hewan-hewan seperti monyet dan siamang yang bergelantungan dari satu pohon ke pohon lainnya.

Dalam Bahasa Lampung nama air terjun Way Tayas berasal dari kata, Way itu artinya Air dan Tayas berasal dari kata Tayos yang berarti tidak pernah mati.

Jadi dapat diartikan Way tayos merupaman Air yang tidak pernah mati.

Pengelolaan air terjun ini masih bisa dilakukan oleh warga desa setempat dan warga yang mempunyai kebun di daerah tersebut.

Untuk menuju ke air terjun ini tidak begitu sulit, karena tergolong mudah dan tidak begitu ekstrim.

Pengunjung bisa menempuh jarak 17 kilometer dari pusat kota Kalianda, Lampung Selatan.

Rute untuk menuju ke air terjun Way Tayas yakni melalui jalan menuju arah Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

Dari Kota Kalianda terus saja ke arah kawasan wisata Lampung Selatan.

Selama perjalanan akan banyak melewati wisata pantai, seperti pantai Guci Batu Kapal, pantai Canti, pantai Banding Resort, terus sebelum pantai Wartawan.

Anda akan menemukan plank Kawasan Wisata Gunung Rajabasa, atau tepatnya di sungai Way Tayas, selanjutnya petunjuk lainnya daerah persawahan di pinggir jalan pada Kecamatan Rajabasa.

Dari plank menuju air terjun Way Tayas itu masuk terus dengan menanjak jalan yang masih dionderlagh (berbatu).

Setelah dijalan onderlagh tersebut terus lagi menanjak hingga nanti bertemu jalan setapak yang dapat dilewati dengan berjalan kaki atau mengendarai sepeda motor.

Tapi pengunjung juga harus ektra hati-hati sebab jalannya yang cukup licin dan terjal.

Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan pemandangan yang sangat indah, dan tidak akan membuat rasa bosan atau capek.

Ketika menikmati keindahan ai terjun Way Tayas, kamu hanya perlu merogoh kocek Rp. 10.000. Sementara, untuk parkir motor Rp. 5.000 dan parkir mobil Rp. 10.000.

Sebab tracking menuju Air Terjun Way Tayas lumayan sedikit susah, lebih baik mobil di titipkan ke rumah warga setempat supaya aman.

Setelah anda membayar harga tiket masuk dan biaya parkir, anda akan langsung di pandu oleh pengelola menuju lokasi yang dimaksud.

Sebenarnya masih banyak tempat-tempat wisata di Lampung Selatan yang menarik dan tidak kalah seru.

Untuk itu, simak terus update informasi pariwisata bersama [email protected] setiap harinya, karena kami menyuguhkan konten dan berita seputaran lampung. (*)

Sumber: