Lahan Parkir Berkurang, PAD Parkir Yang Dikelola Lambar Menurun

Lahan Parkir Berkurang, PAD Parkir Yang Dikelola Lambar Menurun

Kepala Bidang Teknis Sarana Prasarana (TSP) Dishub Lambar, Budiono. Foto Ade--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Sejumlah lokasi penarikan retribusi parkir yang dikelola oleh Pemkab Lampung Barat (Lambar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) setempat berkurang, hal itu berimbas pada menurunnya pendapatan asli daerah (PAD) Pemkab Lambar tahun 2023.

Dikonfirmasi di ruang kerjanya Rabu (22/11), Kepala Bidang Teknis Sarana Prasarana (TSP) Dishub Lambar, Budiono mengakui bahwa sejumlah lokasi penarikan retribusi parkir berkurang.

"Untuk pendapatan dari retribusi parkir, meskipun kita punya target untuk peningkatan, namun tahun ini ada beberapa lokasi penarikan tidak bisa lagi kita lakukan panarikan contohnya Pasar Way Tenong," ujar Budiono.

Budiono juga memaparkan bahwa untuk tahun 2024 mendatang, untuk lahan parkir yang dikelola Dishub Lambar tidak mengalami penambahan, bahkan cenderung berkurang.

BACA JUGA:Pemkab Lambar Dapat kucuran DAK Untuk Bangun Pasar Tematik Wisata

BACA JUGA:Pasutri di Lambar Diduga Jadi Korban Penganiayaan, Suami Meninggal, Istri Sedang Hamil Alami Luka Tusuk

"Lokasi tidak mungkin bertambah malah berkurang, tidak bisa dipaksakan karena ada penurunan pengguna jasa parkir," terangnya

Diakui Budiono, bahwa berkurangya potensi PAD dari retribusi parkir disebabkan ada dua hal, pertama turunnya pengguna jasa parkir dan yang kedua, karena berbagi dengan OPD lain.

"Untuk parkir sejumlah ruko, itu ditangani langsung oleh Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD), Kawasan Sekuting Terpadu dikelola langsung oleh UPT, Lokasi parkir di pasar Way Tanding sebagian berubah fungsi menjadi puskesmas  dan lokasi wisata KRL bagian dalam milik Dinas Lingkungan Hidup (DLH),bahkan saat ini warga telah berinisiatif buka lokasi parkir sendiri," papar Budiono

"Sedangkan total hasil retribusi parkir tahun 2023 ini belum bisa dihitung, sebab retribusi parkir dari terminal baru dibayar akhir tahun,"tandas Budiono.(*)

 

Sumber: