Ini 5 Daftar Desa Terbersih di Dunia Nomor 3 Ada di Indonesia

Ini 5 Daftar Desa Terbersih di Dunia Nomor 3 Ada di Indonesia

5 Daftar Desa Terbersih di Dunia Nomor 3 Ada di Indonesia. Foto/Travel Tempo.co --

RADARTANGGAMUS - Mendengar kata asri, desa yang tertata asri rasanya seperti gambaran nomor satu.  Memang tidak semua desa bersih dan seperti kita ketahui, banyak sekali pencemaran yang terjadi di belahan dunia.

Namun, jangan putus asa.  Setelah melihat daftar desa terbersih di dunia berikut ini, harapan Anda akan terus ada

1. Mawlynnong, India

India memiliki sekitar 640.867 desa dengan berbagai ukuran dan bentuk. Meskipun desa merupakan bagian integral dari India, namun mereka terabaikan dan dianggap terbelakang.

BACA JUGA:Terdiam Tanpa Kata, Intip Keindahan Hidden Gem Sunrise Point Cukul Pengalengan

Desa atau kota dipandang rendah sebagai tempat yang kotor dan terbelakang, padahal banyak desa yang terkenal dengan keunikan kebersihan dan kepedulian masyarakatnya.  Mawlynnong adalah salah satunya.

Desa ini terletak di distrik Perbukitan Khasi Timur Meghalaya.  Mawlynnong dianggap sebagai desa terbersih tidak hanya di India, tapi di seluruh Asia.  Desa ini mendapat gelarnya pada tahun 2003.

Tempat ini terkenal dengan pemandangan alam dan air terjunnya yang indah karena pendekatannya yang sangat ramah alam dan berbasis komunitas.

BACA JUGA:Camping di Bogor Makin Seru, Ditemani Gemericik Air dan Nuansa Indah Pedesaan, Ini Lokasinya

Tempatnya dihadang oleh suku Khasi yang juga sangat ramah terhadap alam.  Desa Mawlynnong memiliki sistem unik yang memberikan kekuasaan lebih kepada keluarga perempuan.

Sistem manajemen keluarga ini memberikan jalan bagi pemberdayaan perempuan.  Desa tersebut ditutup dengan tong sampah bambu sehingga daun-daun kering yang berguguran langsung masuk ke tempat sampah.

Meskipun Mawlynnong indah dan cocok untuk bepergian kapan saja sepanjang tahun, namun lebih cocok pergi ke sana saat musim hujan.

BACA JUGA:7 Wisata Pantai Indah di Jawa Barat Termasuk Pantai Berjuluk Tanah Lot

Mawlynnong adalah tempat di mana kita dapat belajar banyak tentang alam dan oleh karena itu tempat ini harus dikunjungi setidaknya sekali.

Sumber: