Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Menjadi KSAD

Presiden Jokowi Lantik Maruli Simanjuntak Menjadi KSAD

Presiden RI Joko Widodo menyematkan pangkat kepada KSAD Jenderal TNI Maruli Simanjuntak. Foto IG tni_angkatan_darat--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Presiden Republik Indonesia Joko Widodo melantik Letnan Jenderal Maruli Simanjuntak sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) di Istana Merdeka, Jakarta,Rabu 29 November 2023.

Letjen Maruli Simanjuntak menggantikan Jenderal TNI Agus Subiyanto yang kini menjabat sabagai Panglima TNI.

Sebelumnya, Maruli Simanjuntak menjabat sebagai Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad).

Pelantikan Maruli itu berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 103/TNI Tahun 2023 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

BACA JUGA:Presiden Jokowi Lantik Jenderal Agus Sebagai Panglima TNI

BACA JUGA:Jokowi Optimis Indonesia Emas 2045 Bisa Terwujud

Dalam prosesi pelantikan, Maruli mengucapkan sumpah dan janjinya yang dipandu oleh Presiden Jokowi.

"Demi Tuhan saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darmabakti saya kepada bangsa dan negara."

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik-baiknya, dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung tinggi sumpah prajurit," ujar Presiden yang kemudian diucapkan oleh Maruli Simanjuntak, seperti dikutip dari  YouTube Sekretariat Presiden. 

Dengan telah resminya Maruli Simanjuntak menjabat sebagai KSAD maka bintang dipundaknya bertambah satu menjadi bintang 4 dengan pangkat Jenderal TNI.

Turut hadir menyaksikan pelantikan Maruli Simanjuntak sebagai KSAD,Menteri Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan yang juga mertua dari Maruli, Menko Polhukam Mahfud MD, Mendagri Tito Karnavian, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. 

Lalu, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Muhammad Ali, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Fajar Prasetyo, Kapolri Jenderal Polisi Yulistyo Sigit Prabowo dan Jaksa Agung ST Burhanuddin.(*)

 

Sumber: