Petinggi Grup Disway.id dan SPS Dukung Pembentukan Pers Siber Indonesia (PSI)

Petinggi Grup Disway.id dan SPS Dukung Pembentukan Pers Siber Indonesia (PSI)

Pembentukan organisasi Pers Siber Indonesia (PSI) yang diinisiasi CEO Saburai TV Digital H. Taswin Hasbullah mendapat dukungan penuh dari petinggi Disway.id dan SPS. --

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Pembentukan organisasi Pers Siber Indonesia (disway.id/listtag/20657/psi">PSI) yang diinisiasi oleh CEO Saburai TV Digital H. Taswin Hasbullah, M.M., M.H., mendapat dukungan penuh dari para petinggi grup Dahlan Iskan: DiswayID dan tokoh Serikat Perusahaan Pers (SPS). 

Seperti Direktur Utama DiswayID Yanto S. Utomo, Chariman Radar Lampung Group Ardiansyah yang juga Direktur DiswayID,  Ketua SPS Jambi Dr. Munawir (pimpinan Jambi Independent), CEO Babel Pos Grup Syahril Sahidir, Ketua SPS Kendari, dan Ketua SPS Aceh.

Kemudian Wapemred BernasID Ibrahim Umar dari Jogja, Muzamil Hasan (Gorontalo), Drs. Wahyudi El Panggabean (Riau), Chairum Lubis (Medan) Muhammad Zainal (Palu), Marlon Sumaraw (Manado), dan Rianto Aghly (Sumut:).

Pendirian organisi PSI itu mengingat industri pers di Indonesia khususnya pers mengunakan media daring saat ini terus mengalami pertumbuhan signifikan.

BACA JUGA:Menteri ATR/ BPN Serahkan Sertifikat Tanah Untuk Korban Tsunami Selat Sunda

Peningkatan jumlah media daring yang mengindikasikan minat masyarakat terhadap informasi pun beragam. 

Hal ini tercermin dalam peningkatan angka pendirian media baru seiring perkembangan teknologi dan digitalisasi.

Dalam menghadapi perubahan teknologi informasi, tentu keberadaan organisasi wartawan (jurnalis) siber di Indonesia semakin diperlukan sebagai wadah alternatif bagi pegiat pers.

Menurut Taswin, organisasi PSI ini bertujuan sebagai wadah perkumpulan yang menjadi tempat berkembang dan tumbuhnya jurnalis siber di nusantara ini agar tetap sesuai dengan etika dan standar jurnalisme yang berlaku.

BACA JUGA:Angka Pengangguran di Kabupaten Pringsewu Capai 4,77 Persen

“PSI akan menjadi wadah bagi jurnalis siber dan pegiat media sosial agar profesional dan bertanggung jawab. Tantangan seperti penyebaran informasi palsu (hoaks) dan kurangnya literasi digital juga perlu menjadi fokus utama dalam menjaga integritas dan keberlangsungan industri pers di era digital saat ini,” ungkapnya, Rabu, 6 Desember 2023.

Beberapa program kegiatan dan kebijakan PSI, sebutnya, antara lain  Pendidikan Partawan, UKW Dewan Pers, Pendirian LBH Pers Siber Indonesia, 4. 

Pendirian Bidang Olahraga Wartawan Siber, Sekolah Jurnalistik Berkerja Sama dengan Sekolah dan Perguruan Tinggi, Pembentukan Komisi Etik Siber, dan Penyusunan Kurikulum Kompetensi yang Berjenjang.

”Dalam waktu dekat, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PSI akan dideklarasikan di Jogja dan dilanjutkan di setiap tingkat provinsi," ujar Direktur CEO Saburai TV Digital yang juga merupakan Direktur Radartanggamus.co.id itu.

Sumber: