5 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

5 Manfaat Daun Sambiloto untuk Kesehatan

Daun Sambiloto. Foto Ilustrasi/Freepik--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Daun sambiloto memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Daun sambiloto sejak dulu sudah digunakan sebagai obat herbal seperti flu dan demam. 

Selain itu, daun sambiloto juga diyakini bisa mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Daun sambiloto memiliki rasa pahit dengan kandungan andrographolide, saponin, flavonoid, alkaloid, tanin, lakton, paniculin, kalmegin, dan hablur kuning. 

Berikut ini beberapa manfaat daun sambiloto untuk kesehatan:

1. Membantu meredakan panas dalam

Banyak orang yang mengonsumsi sambiloto ketika merasakan gejala panas dalam seperti batuk, radang tenggorokan, flu, hingga reaksi alergi. Sambiloto dapat membantu meningkatkan imunitas sehingga mempercepat proses penyembuhan.

2. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Ada banyak penelitian yang menemukan bahwa sambiloto memiliki potensi untuk mencegah pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Jenis kanker yang terkait adalah prostat, payudara, usus, hepatoma, dan melanoma. Sambiloto memiliki manfaat memaksimalkan fungsi chemokine sehingga pertumbuhan sel kanker bisa ditekan.

3. Mengatasi ISPA

Dalam sebuah penelitian yang dirilis pada tahun 2017 ditemukan manfaat sambiloto untuk mengatasi infeksi saluran pernapasan atau ISPA. Dibandingkan dengan tanaman herbal lainnya, sambiloto dapat mempersingkat durasi batuk, gejala pilek, panas dalam, dan lama seseorang mengalami sakit.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi produk kombinasi yang mengandung andrographis dan eleuthero bisa memperbaiki gejala flu ketika mulai diminum dalam 72 jam setelah merasa sakit.

4. Pereda nyeri dan mencegah infeksi

Banyak orang menggunakan sambiloto untuk menangkal bakteri, meredakan nyeri, menurunkan demam, dan juga mengatasi cacingan yang diderita seseorang.

Sumber: