5 Manfaat Temu Mangga untuk Kesehatan

5 Manfaat Temu Mangga untuk Kesehatan

Temu Mangga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. Foto Ilustrasi/Pixabay--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Temu mangga memiliki beragam manfaat untuk kesehatan.

Temu mangga merupakan salah satu jenis rempah yang sering dijadikan sebagai bahan obat herbal yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Tanaman yang bernama  ilmiahnya curcuma amada mungkin kurang terkenal di telinga sebagian orang. Namun temu mangga ini memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan.

Rempah yang satu ini memiliki bentuk mirip kunyit, namun dengan warna yang lebih pucat. Hal itulah yang membuat orang sering salah menyebut temu mangga sebagai kunyit putih.

Kendati tidak sepopuler temulawak dan kunyit, tanaman herbal yang satu ini mengandung flavonoid dan tanin yang berkhasiat banyak. Salah satunya untuk obat maag.

Temu mangga umumnya tidak digunakan sebagai bahan campuran masakan seperti umumnya tumbuhan rimpang lainnya. Karena itu tumbuhan rimpang ini kurang populer sehingga tidak banyak yang tahu tentang jenis tanaman herbal yang satu ini

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut manfaat temu mangga untuk kesehatan.

1. Meredakan nyeri

Tanaman obat yang satu ini diyakini dapat meredakan nyeri. Caranya ambil tanaman ini lalu oleskan pada bagian tubuh yang dirasa nyeri atau pegal.

2. Mengobati penyakit kulit

Temu mangga dipercaya dapat mengobati penyakit kulit. Bahkan banyak dijadikan sebagai bahan kosmetik.

Pasalnya, tanaman yang satu ini mengandung antioksidan dan antimikroba yang dapat membuat detoksifikasi pada tubuh dan meningkatkan kompleksi kulit, masalah jerawat dan gangguan kulit lainnya.

3. Memiliki kandungan antikanker

Kandungan curcumin dalam temu mangga dapat berperan untuk menghambat tumbuh  atau proliferasi sel kanker. 

Sumber: