6 DPC PSI Kabupaten/Kota di Lampung Resmi Terbentuk

6 DPC PSI Kabupaten/Kota di Lampung Resmi Terbentuk

Inilah Enam pengurus DPC PSI Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Lampung yang menerima SK dari DPP PSI, Sabtu 6 Januari 2024 di Hotel Kyriad M2 Lampung. Foto Arul--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Enam jajaran pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Pers Siber Indonesia kabupaten/kota yang ada di Lampung resmi terbentuk.

Keenam DPC PSI itu, DPC PSI Tanggamus, DPC PSI Lampung Selatan, DPC PSI Kota Bandar Lampung,DPC PSI Kota Metro,DPC PSI Kabupaten Tulang Bawang dan DPC PSI Pesawaran.

Terbentuknya pengurus DPC PSI kabupaten/kota se Lampung itu ditandai dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pengurus Pusat (DPP) PSI yang diserahkan langsung oleh Sekretaris Jenderal (Sekjend) DPP PSI Khairul mewakili Ketum DPP PSI Hi.Taswin Hasbullah,M.M.M.H, Sabtu 6 Januari 2024 di Hotel Kyriad M2 Lampung.

Sebelum penyerahan SK kepada jajaran PSI kabupaten/kota, Ketua Umum DPP PSI memberikannya arahan kepada jajaran DPC PSI kabupaten/kota.

BACA JUGA:Petinggi Grup Disway.id dan SPS Dukung Pembentukan Pers Siber Indonesia (PSI)

BACA JUGA:Bang Aca : Penyidik Kejati Bisa Saja Keluarkan SP3 Kasus KONI Lampung Tanpa Pra Peradilan

Dalam pengarahannya, Taswin Hasbullah mengatakan bahwa dibentuknya PSI sebagai wadah perkumpulan yang menjadi tempat berkembang dan tumbuhnya jurnalis siber di nusantara sehingga yang berpegang teguh pada Undang-undang pokok pers yaitu UU No 40 tahun 1999 dan juga kode etik jurnalistik.

"PSI akan menjadi wadah bagi jurnalis siber dan pegiat media sosial. PSI juga siap menjadikan anggotanya wartawan yang profesional dan berpegang pada kode etik jurnalistik. Setiap anggota PSI juga siap memerangi penyebaran berita hoak di era serba digital seperti sekarang ini,"ujar Bang Taswin sapaan akrab Taswin Hasbullah.

Dijelaskan Bang Taswin bahwa program kegiatan dan kebijakan PSI, antara lain pendidikan wartawan melalui workshop dan uji kompetensi wartawan (UKW), pendirian LBH Pers Siber Indonesia. Lalu pendirian Bidang Olahraga Wartawan Siber, sekolah jurnalistik  yang bekerjasama dengan sekolah dan perguruan tinggi,pembentukan komisi etik siber, dan penyusunan kurikulum kompetensi yang berjenjang.

"PSI akan menjadi organisasi alternatif bagi wartawan bukan sebagai kompetitor bagi organisasi lainnya yang telah terbentuk. Dan dalam waktu dekat DPP PSI akan dideklarasikan di Jogjakarta,"pungkasnya.

Berikut Pengurus DPC PSI Kabupaten/Kota yang mendapatkan SK.

1.DPC Tanggamus, Ketua Arka Tuni , Sekretaris Andriansyah.

2.DPC Pesawaran Ketua, Bimantara

3.DPC Kota Bandar Lampung (Deka Agustina), 4.DPC Lampung Selatan,Ketua Rendi,

Sumber: