UKW Gratis PWI Pusat dan BUMN, 2 Hari Terasa Seminggu

UKW Gratis PWI Pusat dan BUMN, 2 Hari Terasa Seminggu

--

 

Uji Kompetensi Wartawan (UKW), jadi salah satu pondasi penting, melalui UKW Wartawan akan diuji kemampuan, pengetahuan, selama berkecimpung di dunia jurnalistik.

Pentingnya UKW, juga jadi alasan paling mendasar, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kerjasama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pusat, mengadakan UKW Gratis termasuk di Provinsi Lampung.

Lika liku, ikut serta UKW akan saya coba bahas sedikit dalam tulisan ini, termasuk peranan penting BUMN dan PWI Pusat, mencetak jurnalisme yang profesional, taat dan tunduk pada aturan dewan pers dan kode etik jurnalistik (KEJ).

Laporan HANIBAL BATMAN.

Tanggal 10-11 Januari 2024, menjadi hari yang sangat mendebarkan, perasaan campur aduk tak menentu menggelayut pikiran, dua hari terasa satu minggu bagi saya pribadi, ingin rasanya waktu saat itu cepat berlalu.

Selama dua hari, puluhan wartawan yang tergabung dalam organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Lampung, yang datang dari berbagai penjuru wilayah di provinsi ini mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Jam telah menunjukkan pukul 07. 00 wib saat itu hari pertama UKW dilaksanakan, sesuai ketentuan, peserta UKW harus tiba di Hotel Emersia, di jalan Wolter Monginsidi, Bandarlampung, tempat pelaksanaan UKW berlangsung.

Tampak puluhan wartawan, dari berbagai tingkatan UKW yang akan diikuti yakni jenjang muda dan madya, telah kumpul di lobi Hotel Emersia.

Peserta mengenakan pakaian baju kemeja putih dipadupadankan celana dasar hitam, dan sepatu didominasi warna senada.

Terlihat, antara peserta satu dengan lainnya bercanda, ada juga yang serius, membahas apa kira kira soal ujian UKW yang akan diberikan penguji.

Disini sulit dibedakan antara jenjang muda maupun madya, karena warna baju, serta celana dikenakan sama persis, kemungkinan merknya juga sama. 

UKW yang dinanti tiba, perasaan campur aduk menggelayut pikiran saya, hal itu tersirat juga dari wajah para peserta UKW yang lainnya.

Setelah mengisi absensi, saya bersama para peserta lain yang jumlahnya 36 peserta UKW, dari seluruh jenjang. Memasuki lokasi tempat ujian, deretan kursi dibalut warna putih, dan meja telah tertata rapi, 

Sumber: