5 Amalan di Bulan Rajab, Lengkap Beserta Do'anya

5 Amalan di Bulan Rajab, Lengkap Beserta Do'anya

5 amalan di Bulan Rajab. Foto Ilustrasi/Radarpena--

RADARTANGGAMUS.CO.ID - Bulan Rajab adalah salah satu bulan mulia selain Muharram, Rajab, Dzulhijjah, dan Dzulqa'dah. 

Malam 1 Rajab 1445 pada Jumat, 12 Januari 2024 lalu. 

Dalam menyambut Bulan Rajab, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak amal baik serta melakukan sunah-sunah untuk meraih keistimewaan di bulan Rajab.

Berikut ini Radartanggamus.co.id rangkum amalan-amalan yang dapat dilakukan di bulan Rajab.

1. Menghidupkan Malam Pertama Bulan Rajab

Dilansir dari nu.or.id, malam pertama bulan Rajab adalah salah satu malam yang mustajab bagi doa yang dipanjatkan umat muslim. 

Dalam kitab Al-Umm, Imam Syafi'i menyatakan:

وَ بَلَغنَا اَنَّهُ كَانَ يُقَالُ: اِنَّ الدُّعَاءَ يُسْتَجَابُ فِي خَمسِ لَيَالٍ فِي لَيلَةِ الْجُمعَةِ، وَ لَيلَةِ الْاضْحَى، وَ لَيْلَةِ الْفِطْرِ، وَلَيلةٍ مِن رَجَب، وَ لَيلَةٍ النِّصفَ مَِن شَعبَان

"Sesungguhnya doa diijabah pada lima malam: malam jum'at, malam iduladha, malam idulfitri, malam pertama bulan Rajab, dan malam pertengahan bulan Sya'ban."

Karena keistimewaan yang tinggi, umat Islam disarankan untuk menghidupkan malam pertama bulan Rajab dengan memanjatkan doa dan melakukan amal baik seperti shalat sunnah dan berzikir sebanyak-banyaknya.

Dalam kitab Durratun Nasihin disebutkan:

"Barang siapa menghidupkan malam pertama dari bulan Rajab, maka hatinya tidak mati dikala matinya hati orang lain. Dan Allah mencurahkan kebaikan di atas kepalanya banyak-banyak, dan dia keluar dari dosa-dosanya seperti saat baru dilahirkan oleh ibunya, dan dia memberi syafaat kepada 70 ribu orang yang berdosa yang harusnya masuk neraka." (Lubbul Albab, Maulana Tajul Arifin) (A'rojiyah).

2. Berpuasa 

Berpuasa adalah salah satu amalan bulan Rajab yang memiliki banyak keutamaan ketika dilaksanakan.

Sumber: