Ruby Caleg DPR RI Pendatang Baru Yang Diprediksi Melanggang ke Senayan

Ruby Caleg DPR RI Pendatang Baru Yang Diprediksi Melanggang ke Senayan

Foto Instagram Sahabat Ruby--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Proses pemungutan suara Pemilu serentak tahun 2024 sudah usai, tahapan selanjutnya adalah rekapitulasi penghitungan suara secara berjenjang.

Untuk di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) sendiri rampung rata-rata di atas pukul 00.00 WIB bahkan ada TPS yang rampung melakukan penghitungan suara menjelang waktu subuh.

Sejumlah lembaga survei sendiri telah merilis hasil quick count (QC) atau hitung cepat. Kendati bukan hasil resmi, namun setidaknya ada gambaran mengenai siapa calon yang akan duduk di kursi presiden wakil presiden dan legislatif.

Berdasarkan hasil QC dari Asosiasi Lembaga Survei dan Hitung Cepat Indonesia (ALSHCI) Rakata Analytics and Advisory dan Lembaga Survei Kuadran untuk kursi Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI dapil Lampung I memang masih terlalu dini baru 32,24%.

BACA JUGA:Sekjend Partai Gerindra Optimis Prabowo-Gibran Menang Satu Putaran

BACA JUGA:DPC Partai Gerindra Tanggamus Gelar Konsolidasi Koordinator TPS

Hingga Rabu malam 14 Februari 2024 pukul 19.00 WIB, proses penghitungan cepat yang dilakukan dari Hotel Emersia, Bandar Lampung, masih berlangsung. Dengan tingkat akurasi 99% dan margin error 2,10% memang masih naif jika menyatakan diri bisa lolos.

Namun setidaknya ini adalah gambaran sementara calon anggota DPR RI wajah baru, yang mewakil rakyat di daerah pemilihan (dapil) Lampung I. 

Dari 10 kursi, ada 4 calon wajah baru penghuni gedung parlemen. Sisanya sebanyak 6 orang merupakan kader lawas, dari Gerindra, PDIP, PKB, PKS, dan Demokrat.

Untuk dapil Lampung I meliputi Kota Bandar Lampung, Metro, Kabupaten Lampung Selatan, Pesawaran, Tenggamus, Pringsewu, Lampung Barat, dan Pesisir Barat. 

Dari QC sementara, Gerindra menempatkan dua kadernya maju ke Senayan. Ada petahana Sekretaris Jenderal Gerindra Ahmad Muzani dengan 5,09%, diikuti oleh Ruby Chairani politisi muda dan cantik dengan raihan 3,05% suara.

Sementara berdasarkan perhitungan sementara KPU di website resmi KPU https://pemilu2024.kpu.go.id/pilegdpr/hitung-suara/dapil/1801. Suara Caleg Partai Gerindra di Dapil Lampung 1 suara tertinggi ditempati Ahmad Muzani 8.996 suara disusul Ruby Chairani  Syiffadia, B.A. (Hons), M.Sc dengan raihan suara 5.327 suara.

Perhitungan sementara itu baru masuk 3,86 % atau 475 dari 12.320 TPS yang ada di seluruh Dapil Lampung 1.

Wajah baru lain yang diproyeksikan lolos dengan peluang besar tinggi adalah ada dua srikandi dari Partai NasDem yakni Rahmawati Herdian dengan 5,34%. Putri mantan Wali Kota Bandar Lampung Herman HN ini diperkirakan akan menggeser petahana Taufik Basari.

Sumber: