Harga Beras di Tanggamus Tembus Rp16.500 Per Kg

Harga Beras di Tanggamus Tembus Rp16.500 Per Kg

Pemkab Tanggamus melalui Bagian Ekobang dan SDA melakukan monitoring beras. Diketahui harga beras premium mengalami lonjakan harga kini beras premium dijual Rp16.500 per Kg. Foto Bagian Ekobang --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Kenaikan harga beras hampir terjadi di seluruh wilayah di Indonesia tak terkecuali di Kabupaten Tanggamus. Naiknya beras inipun merata, baik kualitas biasa maupun premium.

Untuk harga beras dengan kualitas premium di Kabupaten Tanggamus, Lampung rata-rata dijual Rp16.500 per kilogram (Kg). Sedangkan untuk beras kualitas biasa Rp15.000 Kg.

Hal itu seperti diungkapkan,Analis Kebijakan Bidang Perekonomian, Faisal Burmeli, usai melakukan monitoring beras di Pasar Gisting dan penggilingan padi di wilayah Kecamatan Talang Padang.

Menurut Faisal kenaikan harga beras ini juga merupakan salah satu dampak dari fenomena el nino beberapa watu lalu.

BACA JUGA:Diskoperindag Pringsewu Sikapi Lonjakan Harga Beras

BACA JUGA:Lubis Minta Camat dan OPD Awasi Penyaluran Bantuan Beras

"Berdasarkan peninjauan tadi naiknya harga beras itu karena masih ada dampak El Nino beberapa waktu lalu,"kata Faisal mewakili Kabag Ekobang dan SDA, Setdakab Tanggamus Firmalinda, Jumat 23 Februari 2024.

Dari adanya El Nino ini, lanjut Faisal menyebabkan adanya pergeseran musim tanam di Kabupaten Tanggamus. Hal itu juga berdampak dengan stok gabah, sehingga penggilingan padi juga kesulitan mendapatkan gabah lokal.

"Harusnya Februari ini petani panen raya, namun karena kemarau panjang tahun 2023. Jadinya tanam padinya tertunda. Kalau dilihat sawah di Tanggamus ini masih pada hijau semua. Jadi kemungkinan besar puncak panen itu pada bulan Maret,April, Mei nanti,"kata dia.

Faisal juga meyakinkan, bahwa dari monitoring yang dilakukan bersama Polres Tanggamus, disimpulkan bahwa tidak ada indikasi penimbunan beras di Kabupaten Tanggamus. 

Faisal mengaku, pihaknya juga melakukan pengecekan ke pasar yang ada di Kabupaten Tanggamus. 

Pengecekan tersebut juga diikuti juga oleh Kapolres Tanggamus AKBP Rinaldo Aser. 

"Di pasar juga kami melakukan pengecekan ada beras yang dari Pringsewu dikirim ke sini," pungkasnya.

Kemudian saat disinggung mengenai ketersediaan stok beras, Faisal dengan tidak tegas menyatakan stok aman. "Yang jelas untuk ketersediaan beras saat ini di Kabupaten Tanggamus, ya tersedia,"pungkasnya.(*)

Sumber: