Pasca Longsor di Datar Lebuay, Aktivitas Warga Terganggu

Pasca Longsor di Datar Lebuay, Aktivitas Warga Terganggu

Material longsor berupa tanah dan batu masih ada di tiga dusun di Pekon Datar Lebuay Kecamatan Air Naningan, hal itu praktis mengganggu aktivitas warga. Foto dok warga --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Musihah tanah longsor melanda Pekon Datarlebuay, Kecamatan Airnaningan, Kabupaten Tanggamus, tepatnya di Dusun Sinarharapan,Talangdamar dan Dusun Talangkepayang, menghambat aktivitas warga baik itu aktifitas di bidang pendidikan, ekonomi maupun sosial.

 

Kaur Pembangunan Pekon Datar Lebuay, Ariyani mengatakan,peristiwa longsor tersebut terjadi pada Sabtu sore, 24 Februari 2024 sekitar pukul 17.00 WIB.

 

"Longsor tidak menimbulkan korban jiwa, namun akses jalan poros dari Talangdamar menuju Sekampung Kuning jadi susah dilewati," katanya, Kamis (29/2).

 

Sementara itu Tokoh masyarakat setempat Abdul Qodir (40) mengungkapkan, satu hari setelah peristiwa longsor, masyarakat setempat bergotong royong memperbaiki akses jalan. “Kasihan anak sekolah, kalau sehabis hujan, jalannya berlumpur,”ucapnya.

 

BACA JUGA:Bukit Dinding Jalinbar Pekon Batu Keramat Sering Longsor. Ternyata Ini Penyebabnya

 

BACA JUGA:3 Rumah di Kotaagung Terancam Longsor ke Sungai

 

Sementara itu, Sekdes Pekon Datarlebuay, Toyib, menambahkan, semenjak tingginya curah hujan, ada dua peristiwa musibah tanah longsor di pekonnya. 

 

"Di Dusun Talangkepayang dan Talangdamar, namun longsor yang di Talangdamar sampai saat ini ada bebatuan besar ditengah jalan sehingga mengganggu, dan warga tidak bisa menyingkirkannya,” kata Toyib.(*)

Sumber: