Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting Kini Punya Lambang Pekon

 Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting Kini Punya Lambang Pekon

Lambang atau Logo Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting hasil karya dari Hendra Fery gelar adok Wira Raja Utama. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus kini memiliki lambang atau logo pekon.

Lambang atau logo ini telah ditetapkan pada tanggal 9 Maret 2024 yang dihadiri oleh Pemerintahan Pekon Banjar Manis terdiri dari Kepala Pekon (Kakon) Banjar Manis,Gunawan, Ketua BHP Viliansyah,S.Kom,LPM Banjar Manis,Uspika Gisting dan Talangpadang,tokoh agama,tokoh adat,tokoh pemuda,Karang Taruna dan pendamping desa.

Pemenang Pembuatan Logo Pekon Banjar Manis kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Hendra Fery, S.E.,S.Kom.,M.M. gelar/adok Raja Wira Utama memaparkan makna dari Lambang Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting ini bermakna membina persatuan dan kesatuan dengan penuh kesetiaan untuk mempertahankan dasar negara Pancasila guna bersama-sama mewujudkan pekon/desa yang aman,nyaman,sejahtera,makmur,berbudaya,religius dan maju untuk kesejahteraan,kemakmuran dan kejayaan masyarakat Pekon Banjar manis Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus.


Hendra Fery gelar Raja Wira Utama pemenang desain logo Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting foto bersama aparatur Pekon Banjar Manis. Foto Ist--

Logo Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting berbentuk perisai segi lima  bersudut lima  di bagian atas terdapat tulisan Banjar Manis, pada bagian dalam Logo perisai bersudut lima yang telah dimodifikasi dengan membuat garis lengkung untuk menghubungkan antara sudut dengan sudut lainnya yang di dalamnya terdapat gambar payung  agung berwarna kuning wmas terdiri dari 13 untai manik-manik dan satu bulatan puncak payung.

Siger berlekuk ruji tujuh, Aksara Lampung bertuliskan Jejekh Sikop,Gung/Tala Balak dan ornamen Lampung,setangkai padi berjumlah 89 dan kopi berjumlah 18 daun kopi berjumlah 5,pita terdapat tulisan Khanggom Mufakat.

Latar belakang berwarna kuning,putih dan hijau,angka 1889 logo Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting  tersusun atas bagian-bagian yang mempunyai makna sebagai berikut, perisai bersudut lima, di bagian dalam lingkar bingkai perisai berwarna merah bermakna Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting berdiri di atas landasan semangat,teguh dan kokoh dengan masyarakat berwawasan luas dan berpedoman pada Senggiri Lampung yang telah mengakar yaitu, Piil Senggiri,Sakkai Sambayan, Nengah Nyappur, Nemui Nyimah dan Bejuluk Buadok.

Berimankan Rukun Islam yang 5 (lima) dan berlandaskan 5 (lima) sila Pancasila yang merupakan Dasar Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Payung  Agung yang berwarna kuning Emas terdiri dari 13 untai manik-manik dan satu bulatan diatas puncak payung.

Secara keseluruhan Payung Agung beruas dan beruntai manik 13 bermakna Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting diayomi oleh 13 Tokoh Adat (Jakhu Suku) dalam satu niat dan satu tujuan

Payung,sebagai simbol kepemimpinan/kepenyimbangan,kesucian jiwa,ketulusan dan keagungan, ketiganya telah terpateri dalam nilai-nilai keadatan suku Lampung Pekon Banjar Manis Kecamatan Gisting

Satu bulatan pada puncak payung,bermakna satu cita membangun pekon/desa/daerah, bangsa dan negara Kesatuan Republik Indonesia dengan Ridho Tuhan Yang Maha Esa dan juga bermakna dari satu Marga Buay Turgak. 

Siger Emas Berlekuk Ruji Tujuh

Merupakan simbol mahkota yang melambangkan kebesaran, kemewahan, keagungan, berbudi pekerti dan berbudaya meskipun ditengah modernisasi yang beragam etnis suku.

Sumber: