Pj Bupati Tanggamus Sampaikan LKPj Tahun 2023

Pj Bupati Tanggamus Sampaikan LKPj Tahun 2023

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menyerahkan LKPj tahun 2023 yang meliputi capaian dan keberhasilan Pemkab Tanggamus sepanjang tahun 2023 ke pimpinan DPRD Tanggamus. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan menyampaikan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) tahun 2023 dalam rapat paripurna di gedung DPRD Tanggamus yang berlangsung Kamis sore 28 Maret 2024.

Rapat paripurna itu, dipimpin Wakil Ketua I DPRD Tanggamus Irwandi Suralaga bersama Wakil Ketua II Tedi Kurniawan.

Rapat paripurna juga dihadiri jajaran Forkopimda Tanggamus,para asisten, jajaran Kepala OPD, camat dan ormas.

Wakil Ketua I DPRD Tanggamus, Irwandi Suralaga mengatakan bahwa LKPj kepala daerah tahun 2023 harus disampaikan secara terbuka dan untuk umum.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan Serahkan Bantuan Untuk Masjid dan Mushola

BACA JUGA:DPRD Tanggamus Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT Ke 27 Tanggamus

"Hal ini sesuai dengan amanah pasal 18 ayat 1 peraturan menteri dalam negeri Nomor 18 tahun 2020 tentang peraturan pelaksanaan pemerintahan nomor 13 tahun 2019 mengenai laporan dan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah,"ujar Irwandi. 

Menurut peraturan tersebut, lanjut Irwandi, LKPj bupati harus disampaikan dalam rapat paripurna DPRD yang dilaksanakan sekali dalam satu tahun, paling lambat 3 bulan setelah anggaran berikutnya. 

"Badan musyawarah DPRD bertanggung jawab untuk melaksanakan penyampaian laporan tersebut, yang pada kesempatan kali ini akan disampaikan oleh Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan,"kata Irwandi.

Pj. Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya rapat ini sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas pemerintah daerah terhadap masyarakat. 

Dalam kesempatan itu, Pj bupati menyampaikan sejumlah pencapaian dan tantangan yang dihadapi oleh Kabupaten Tanggamus selama tahun 2023. 

Mulyadi Irsan mengatakan, LKPj yang disampaikan merupakan akumulasi dari kinerja penyelenggaraan urusan pemerintahan dan pembangunan daerah selama tahun 2023.

Menurut Pj bupati kecenderungan perkembangan ekonomi dan dinamika kerja yang telah dicapai sejak awal hingga akhir tahun 2023. 

"Pertumbuhan ekonomi Kabupaten Tanggamus dari tahun 2019 hingga 2023 menunjukkan tren positif, dengan pertumbuhan rata-rata sebesar 3%. Meskipun mengalami kontraksi pada tahun 2020 akibat pandemi Covid-19, pertumbuhan ekonomi kembali pulih dan mencapai 4,70% pada tahun 2023,"ungkap Mulyadi Irsan.

Sumber: