Pj Bupati Tanggamus Lepas Bantuan Pangan Tahap II

Pj Bupati Tanggamus Lepas Bantuan Pangan Tahap II

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan secara simbolis melepas bantuan pangan beras dari gudang Bulog Pekon Rantau Tijang Kecamatan Pugung, Selasa 14 November 2024. Foto Diskominfo Tanggamus --

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemkab Tanggamus menyalurkan bantuan pangan tahap II tahun 2024.

Bantuan pangan berupa beras itu dilepas langsung oleh Pejabat (Pj) Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan, bertempat di Gudang Bulog Pekon Rantau Tijang Kecamatan Pugung,Selasa 14 Mei 2024.

Hadir dalam Kegiatan,Kepala Perum Bulog Divre Bandar Lampung, Kepala PT Pos Bandar Lampung,perwakilan Polres Tanggamus,jajaran kepala OPD, Camat Pugung dan jajaran kepala pekon se Kecamatan Pugung.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya mengatakan, bantuan pangan beras yang disalurkan se Indonesia tahun 2024 sebanyak 22 juta Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

BACA JUGA:136 KPM di Bulurejo Pringsewu Terima Bantuan Beras

BACA JUGA:Dukung Ketahanan Pangan Pekon Kuta Dalom Bangun Jalan Rabat Beton, Segini Panjangnya

Jumlah penerima bantuan pangan beras di tahun 2024 ini mengalami peningkatan sekitar 8 persen dibandingkan jumlah penerima tahun sebelumnya yang sejumlah 21,3 juta KPM.

Dikatakan Mulyadi bahwa bantuan pangan beras ini merupakan arahan langsung dari Presiden RI Joko Widodo untuk menjaga stabilitas pangan dan menekan angka inflasi di Indonesia.

"Selain itu,bantuan beras merupakan upaya yang dilakukan pemerintah dalam menghadapi musim kemarau panjang yang diakibatkan badai El-Nino dan untuk mengantisipasi krisis pangan,"ujar Mulyadi Irsan.

Dikatakan Pj bupati bahwa dalam penyaluran bantuan pangan tahap II ini menyasar 81.374 KPM

Jumlah sasaran tersebut berdasarkan data Pensasaran Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem (P3KE) yang bersumber dari kantor Kemenko PMK-RI.

Setiap tahapan pada kegiatan ini dilakukan sesuai JUKNIS BAPANAS yaitu keputusan Kepala Badan Pangan Nasional RI No. 01/TS.0303/K/1/2024 tanggal 2 Januari 2024 tentang Petunjuk Teknis Penyaluran Cadangan Pangan Pemerintah untuk Pemberian Bantuan Pangan Tahun 2024.

Menurut Pj bupati,penyaluran bantuan pangan ini akan dilaksanakan oleh kantor Kantor Pos Indonesia yang ada di Kabupaten Tanggamus.

Penyaluran Bantuan Pangan tahun 2024 dilakukan dalam dua tahap,yaitu tahap 1 bulan Januari-Maret, tahap 2 pada bulan April-Juni. Akan ada 16 Pekon yang membutuhkan penyaluran sekaligus 3 bulan, yakni Kecamatan Cukuh Balak 4 pekon, Kecamatan Pematang Sawa 10 pekon, Kecamatan Semaka 1 pekon,Kecamatan Pugung 1 pekon.

Sumber: