Pj Bupati Tanggamus Buka Bazar Hewan Kurban

Pj Bupati Tanggamus Buka Bazar Hewan Kurban

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan meninjau ternak sapi yang dijual dalam Bazar Hewan Kurban di Gisting, Senin 3 Juni 2024. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Pemkab Tanggamus bersama Asosiasi Kelompok Peternak Tanggamus (Asponak) kembali mengadakan Bazar Hewan Kurban yang berlangsung di Lapangan Pekon Campang Kecamatan Gisting, Senin 3 Juni 2024.

Kegiatan Bazar Hewan Qurban ini dibuka oleh Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan yang turut dihadiri jajaran Forkopimda Tanggamus,jajaran Kepala OPD, camat dan peternak.Adapun kegiatan Bazar Hewan Kurban ini mengambil tema 'Melalui Bazar Hewan Kurban Dapat Meningkatkan Perekonomian dari Sub Sektor Peternakan'

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam sambutannya mengatakan bahwa bazar hewan kurban dilaksanakan sebagai salah satu upaya Pemkab Tanggamus untuk meningkatkan motivasi para pelaku usaha peternakan dalam menggerakkan perekonomian di Kabupaten Tanggamus.

"Saya menilai penyelenggaraan Bazar Hewan Kurban Tahun 2024 adalah momentum yang sangat tepat dalam rangka menghadapi Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriyah,tetunya permintaan akan hewan kurban akan meningkat dan ini juga sebagai upaya promosi kita dalam meningkatkan nilai jual ternak,sehingga dapat meningkatkan pendapatan peternak itu sendiri,"kata Mulyadi Irsan.

BACA JUGA:Puluhan Ekor Ternak Kambing Ikut Terdampak Banjir Talangpadang

BACA JUGA:Dapat Daging Kurban, Tapi Belum Mau Diolah. Ini 6 Tips Menyimpan Daging Kurban Agar Segar dan Tahan Lama

Dilanjutkan Mulyadi Irsan bahwa Kabupaten Tanggamus merupakan salah satu penghasil ternak kambing terbesar di Provinsi Lampung, yang di mana stok hewan kurban menjelang hari raya Idul Adha di Kabupaten Tanggamus untuk kambing sebanyak 21.236 ekor,domba sebanyak 881 ekor,sapi sebanyak 702 ekor dan kerbau sebanyak 226 ekor.

"Moment ini memang ditunggu oleh para peternak sapi,kambing maupun kerbau untuk menjual ternaknya dengan harga terbaik,"ucapnya.

Melalui bazar ini, Mulyadi berharap dapat menjadi media yang dapat mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung baik yang berasal dari Kabupaten Tanggamus maupun dari luar Tanggamus.

"Saya menyambut gembira atas terselenggaranya acara ini dan berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut pada tahun tahun yang akan datang dan semoga kegiatan ini dapat memotivasi peternak dalam menjaga dan meningkatkan kualitas pengelolaan ternak dalam mengembangkan potensi lokal secara mandiri,"pungkasnya.

Sementara,Ketua Asponak, Rintoko dalam Laporannya mengatakan bahwa Bazar Hewan Kurban diikuti 14 pedagang ternak yang terdiri dari 144 ekor kambing dan 2 ekor sapi.

"Alamdulillah sudah terjual 63 ekor kambing, semoga semua hewan kurban yang ada di bazar hari ini dapat secepatnya terjual semua,"ujarnya.

Rintoko berharap di Kabupaten Tanggamus ke depannya ada pasar ternak sehingga dapat memudahkan para peternak dalam menjual hasil ternaknya.(*)

 

Sumber: