Segini Biaya Rencana Perbaikan Permanen Jalan Mangkubumi Talang Rejo Tahun 2025

Segini Biaya Rencana Perbaikan Permanen Jalan Mangkubumi Talang Rejo Tahun 2025

Jalan Mangkubumi Pekon Talang Rejo akan diperbaiki tahun depan, biaya perbaikan jalan tersebut lebih kurang Rp 800 juta. Foto Hanibal Batman --

 "Karena masih status tanggap darurat, sehingga langkah penanganannya nanti akan menggunakan dana biaya tak terduga, dan ini termasuk darurat, harus secepatnya ditangani, jika melalui APBD harus melalui perencanaan dan lainnya, sementara akses ini urgent dan harus segera,"paparnya.

 

Diberitakan sebelumnya, Penanganan darurat akses jalan Mangkubumi, Pekon Talang Rejo, Kecamatan Kotaagung Timur akan segera dilakukan, sementara untuk pembangunan permanen rencananya akan dilakukan tahun 2025 mendatang.

Kepastian penanganan darurat akses penghubung antar pekon itu dilakukan, setelah tim organisasi perangkat daerah (OPD) terkait terjun langsung ke lapangan.

Terdiri dari Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Hendra Wijaya Mega, Kabag Hukum Arief Rakhmat.

Sekretaris Dinas PUPR Ari Yuda, Sekretaris BPBD Iwan Junianto; Kabid Bina Marga Bowo Nugroho, Kabid Anggaran Joni Fatriyansah.

Hendra Wijaya Mega mengatakan, bahwa rusaknya akses jalan Mangkubumi, akibat tergerus hingga mengalami penyempitan dan membahayakan warga.

Sehingga lanjutnya, berdasarkan hasil rapat maka pihaknya mengundang BPBD, Dinas PUPR, Bapperida, Bagian Hukum serta BPKD.

"Maka diputuskan tadi karena masih dalam rangka tanggap darurat bencana, BPBD dan dibantu PUPR untuk segera melakukan assessment, selesai assessment nanti kita minta surat pernyataan dari kakon, serta camat dan segera disampaikan ke Sekda, untuk persetujuan kegiatan ini sesegera mungkin, dan sebelum tanggal 7 harus segera dimulai dan selesai,"kata Hendra Wijaya Mega 

Ia menjelaskan, penanganan darurat sementara akses penghubung antar pekon di Talang Rejo ini.

Merupakan bagian penanganan bencana di 10 kecamatan kabupaten Tanggamus yang sedang dilakukan oleh BPBD.

"Mudah mudahan ini segera diperbaiki, dengan dukungan masyarakat, dan nanti juga akan dipasang rambu tanda bahaya disini, untuk permanen insyallah di tahun 2025 dan saat ini kita lakukan penanganan daruratnya,"paparnya.

Terpisah, Kakon Talang Rejo Kecamatan Kotaagung Timur Helmi mengapresiasi Pemkab Tanggamus melalui dinas terkait akan lebih dahulu melakukan penanganan darurat sementara jalan tersebut, sebelum dilakukan perbaikan secara permanen tahun depan.

"Kita apresiasi dan ucapkan terima kasih akan dilakukan penanganan darurat, kita juga harapkan di tahun depan nanti pembangunan secara permanennya bisa terealisasi,"tandasnya. (*)

 

Sumber: