Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Pringsewu Siapkan Pengamanan Hewan Kurban

Hari Raya Idul Adha, Dinas Pertanian Pringsewu Siapkan Pengamanan Hewan Kurban

Dinas Pertanian Pringsewu Saat mengcek kesiapan hewan kurban--

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.DISWAY.ID - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H atau Hari Raya Kurban, Dinas Pertanian Kabupaten Pringsewu melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan pengamanan terhadap kesehatan hewan kurban

 

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Pringsewu, Drh. Budi Pramono, mengatakan upaya tersebut dilakukan mengingat akhir-akhir ini banyak penyakit hewan yang menyerang hewan kurban, seperti sapi, kerbau, kambing atau domba.

 

"Sebab, saat ini banyak hewan-hewan dari luar daerah yang masuk ke Pringsewu," katanya, Sabtu (15/6). 

 

Oleh karena itu, pihaknya menugaskan para petugas untuk melakukan pengecekan di lapangan, baik terhadap hewan kurban yang ada di masyarakat, maupun pengecekan data rencana pemotongan hewan kurban, serta rencana pengambilan hewan kurban dari luar daerah.

 

"Untuk selanjutnya, kami akan mengambil langkah-langkah antisipasi guna mencegah penularan penyakit pada hewan kurban tersebut," ujarnya.

 

Lebih lanjut Drh.Budi Pramono menjelaskan beberapa penyakit hewan yang banyak menyerang hewan kurban, diantaranya penyakit mulut dan kuku (PMK), lato-lato dan penyakit SE.

 

"Semua yang kami lakukan adalah untuk mencegah penyakit hewan ternak khususnya hewan kurban yang merupakan aset ekonomi para petani dan peternak," jelasnya. (*/) 

Sumber: