Rayakan Idul Adha 1445 H,Lapas Kota Agung Sembelih 11 Ekor Kambing dan 1 Ekor Sapi

Rayakan Idul Adha 1445 H,Lapas Kota Agung Sembelih 11 Ekor Kambing dan 1 Ekor Sapi

Rayakan Idul Adha 1445 Hijriyah,Lapas Kota Agung menyembelih 12 hewan kurban. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kota Agung menggelar Sholat Idul Adha 10 Dzulhijjah 1445 Hijriyah. Kegiatan Sholat Ied tersebut dipusatkan di Masjid At-Taubah kompleks lapas setempat, Senin 17 Juni 2024.

Bertindak selaku imam dan khatib dalam pelaksanaan Sholat Idul Adha, Ustadz Am'rillah dan turut dihadiri Kepala Lapas Kelas II B Kota Agung, Andi Gunawan beserta jajaran pejabat di lingkungan lapas,staf dan warga binaan pemasyarakatan (WBP).

Kegiatan Sholat Ied berjamaah itu dimulai pukul 07.00 WIB. Ustadz Amrillah dalam khotbahnya menceritakan tentang kisah Nabi Ibrahim AS, yang dengan ikhlas menjalankan perintah Allah SWT dan sabar atas ujian yang Allah berikan.

Usai kegiatan sholat,acara dilanjutkan dengan salam-salaman dan sarapan bersama petugas dengan warga binaan dan dilanjutkan dengan pemotongan hewan kurban.

BACA JUGA:Polres Tanggamus Gelar Sholat Idul Adha 1445 H dan Pemotongan Hewan Kurban

BACA JUGA:Sambangi Lapas Kota Agung, Kadivpas Berikan Penguatan Kepada Pegawai Lapas dan Rutan

Kalapas Kota Agung, Andi Gunawan mengatakan bahwa perayaan Idul adha 1445 Hijriah di Lapas Kotaagung tak hanya sekadar momen keagamaan yang harus dirayakan, melainkan menjadi bagian program pembinaan kepribadian bagi seluruh warga binaan untuk meningkatkan keimanan ketakwaan kepada Allah SWT dan kepedulian terhadap sesama.

"Pelaksanaan kurban ini mengajarkan kita untuk ikhlas seperti kisah nabi Ibrahim AS. Mudah-mudahan bagi yang berkurban rezekinya dilancarkan, diterima amal kurbannya dan berkah,"kata Andi Gunawan.

Dikatakan Andi Gunawan, bahwa untuk tahun ini Lapas Kota Agung menyembelih 12 ekor hewan kurban terdiri dari 1 ekor sapi dan 11 ekor kambing.

Hewan kurban tersebut berasal dari mitra petugas,mitra kerja Lapas dan 3 warga binaan Lapas Kotaagung ikut berkurban secara sukarela.

"Ada banyak kebaikan dari Hari Raya Idul Adha ini, yaitu tumbuhnya rasa syukur dan termotivasi untuk berbagi kebahagiaan melalui pembagian daging kurban,"ujar Andi Gunawan.

Masih kata kalapas, bahwa di moment Idul Adha di Lingkungan Lapas Kotaagung berlangsung khidmat dan penuh haru.

"Ada yang sedih karena harus berlebaran jauh dari keluarga, ada juga yang bersukacita karena bisa berkurban. Khusus hari ini, kunjungan kita tiadakan, keluarga bisa membesuk lagi pada Selasa 18 Juni 2024,"pungkas Andi Gunawan.

Ditambahkan Kasi Binadik dan Giatja, Ardeli bahwa dalam penyembelihan hewan kurban melibatkan 50 orang terdiri dari petugas lapas dan dibantu warga binaan.

Sumber: