Seminar Sosialisasi Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas Sukses Digelar

Seminar Sosialisasi Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas Sukses Digelar

--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Webinar Sosialisasi Konferensi Nasional Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas XVI (KN PRBBK XVI) 2024.

Sosialisasi Konferensi Nasional Pengelolaan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (KN PRBBK) XVI sukses digelar secara daring melalui Zoom Meeting, Kamis 4 Juli 2024.

Acara dengan Zoom itu dimulai dari pukul 13.00 WIB-16.00 WIB dan dihadiri oleh 237 peserta melalui Zoom dan 150 peserta melalui streaming YouTube. 

Acara yang dimoderatori oleh Mashadi ini dibuka oleh Muhammad Hasan, selaku Ketua OC KN PRBBK XVI, yang menyampaikan pentingnya kegiatan PRBBK untuk membangun strategi sinergi dalam pengelolaan pembangunan masyarakat pesisir,menghadapi perubahan iklim dan pembangunan berkelanjutan.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Salurkan Bantuan dari BNPB,Kemensos dan Gubernur Lampung Untuk Warga Terdampak Bencana

BACA JUGA:Pangdam II Swj, Perintahkan Kodim 0424 Lakukan Mitigasi Bencana

Muhammad Hasan juga menekankan pentingnya kolaborasi antara berbagai pihak yang terlibat dalam PRBBK.

Direktur Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Pangarso Suryotomo,dalam sambutannya mengapresiasi kerja keras panitia dan semua pihak yang terlibat dalam persiapan KN PRBBK XVI 2024

Ia juga menekankan pentingnya KN PRBBK dalam memperkuat ketangguhan masyarakat pesisir Indonesia,mengingat risiko tinggi gempa dan tsunami di banyak desa dan kelurahan di Indonesia. 

Maka dari itu, BNPB mengajak semua komunitas PRBBK dan menyiapkan suatu wadah/ yaitu katalog kesiapsiagaan bencana. Dimana katalog tersebut digunakan untuk pemantauan KN PRBBK seluruh Indonesia. 

Dalam kesempatan yang sama, Ketum MPBI Avianto Amri, mengatakan KN PRBBK adalah kegiatan kolaboratif yang melibatkan lebih dari 100 lembaga.

"Acara ini juga menjadi momentum untuk memperingati gempa dan tsunami Aceh, serta untuk memperkuat langkah-langkah kolaboratif di berbagai tingkatan, mulai dari komunitas hingga nasional,"ujar Avianto.

Dalam sesi pemaparan kunci, Petrasa Wacana, Ketua SC KN PRBBK XVI, dan Risma Sunarty, Sekretaris OC KN PRBBK XVI, membahas tema utama KN PRBBK 2024 dan penggunaan peta jalan PRBBK dalam pelaksanaan kegiatan ini.

Mereka menekankan bahwa peta jalan PRBBK 2024-2045 akan menjadi panduan untuk mencapai resiliensi masyarakat terhadap bencana dan krisis iklim di Indonesia.

Sumber: