Tingkatkan Pelayanan KBKR Melalui Kolobarasi Antar Instansi

Tingkatkan Pelayanan KBKR Melalui Kolobarasi Antar Instansi

Fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR di wilayah khusus tahun 2024 berlangsung di Pekon Sawang Balak, Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuhbalak, Kabupaten Tanggamus, Lampung ,Sabtu 3 Agustus 2024 berkolaborasi dengan sejumlah stakeholder. Foto is--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Dalam rangka peningkatan pelayanan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi (KBKR),percepatan penurunan stunting dan tri darma perguruan tinggi dilaksanakan kolaborasi antar instansi.

Kolaborasi ini melibatkan BKKBN Provinsi Lampung,Dinas PPPA,KB dan Dalduk Kabupaten Tanggamus,TP PKK Kabupaten Tanggamus,Dinas Kesehatan,Dinas PMD Tanggamus dan UKM Mahkamah FH Unila.

Kegiatan bertajuk Fasilitasi Intensifikasi dan Integrasi Pelayanan KBKR di wilayah khusus tahun 2024 berlangsung di Pekon Sawang Balak, Pulau Tabuan, Kecamatan Cukuhbalak, Kabupaten Tanggamus, Lampung ,Sabtu 3 Agustus 2024.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Lampung dr.Nurizky Permanajati,M.H,Ketua TP PKK Kabupaten Tanggamus drg,Hellen Veranica Mulyadi,M.Kes.

BACA JUGA:Ini Upaya Genre Tanggamus Turunkan Angka Stunting

BACA JUGA:Kader Posyandu Bidan Desa Hingga Kakon Keroyokan Cegah Stunting di Tanggamus

Lalu, Ketua DWP Kabupaten Tanggamus Lindika Suaidi,Kepala Dinas PPPA,Dalduk dan KB, Aan Derajat,Kadiskes Taufik Hidayat, Kadis PMD,Arpin,perwakilan FH Unila,serta Uspika Cukuh Balak.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan pemberian makanan tambahan untuk anak sekolah sebagai kolaborasi kegiatan PKK Kabupaten Tanggamus dan Mahkamah Mengabdi FH Unila

Lalu dilanjutkan dengan penyuluhan dan penggerakan masyarakat tentang jenis-jenis kontrasepsi,manfaat kekurangan dan kelebihan dari jenis-jenis kontrasepsi serta mitos-mitos tentang kontrasepsi.

Serta penyuluhan mekanisme pelayanan KB,peran kader KB,kader PKK,kader posyandu dalam mendukung pelayanan KBKR hingga peran perangkat kecamatan,perangkat desa dalam menyukseskan program KB.

Selain itu peran TNI/Polri juga diperlukan dalam mendukung program bangga kencana dan percepatan penurunan stunting di wilayah khusus dengan narasumber dari IBI,Dinas PPPA,Dalduk dan KB,PKK Kabupaten  dan TNI.

Bersamaan dengan kegiatan tersebut juga dilaksanakan pemeriksaan kesehatan dan pelayanan KB MKJP untuk masyarakat.

Pj Bupati Tanggamus Mulyadi Irsan dalam

sambutannya yang disampaikan oleh Kepala Dinas PPPA,Dalduk dan KB Kabupaten Tanggamus, Aan Derajat menyampaikan perlunya peran aktif dari seluruh pihak,baik OPD,APDESI,TPPS,PKK dan Stake holder.

Sumber: