Pemkab Pringsewu Terima Penghargaan Universal Health Coverage 2024

Pemkab Pringsewu Terima Penghargaan Universal Health Coverage 2024

Pj. Bupati Pringsewu Dr. Marindo Kurniawan, S.T., M.M. menerima Penghargaan Universal Health Coverage 2024 --

PRINGSEWU,RADARTANGGAMUS.CO.ID - Penjabat (Pj.) Bupati Pringsewu Dr. Marindo Kurniawan, S.T., M.M. menerima Penghargaan Universal Health Coverage 2024 Kategori Madya dari Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Republik Indonesia. 

 

Penghargaan atas keberhasilan Pemerintah Kabupaten Pringsewu dalam pencapaian kepesertaan akses pelayanan Jaminan Kesehatan Nasional yang mencapai angka 97 persen, diserahkan oleh Menko PMK Prof. Dr. Muhadjir Effendy, M.A.P. pada acara Penyerahan Penghargaan Universal Health Coverage 2024 Kepada Pemerintah Daerah di Krakatau Grand Ballroom, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Kamis (8/8).

 

Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin yang hadir pada kesempatan tersebut mengapresiasi pencapaian target Universal Health Coverage di Indonesia yang telah menjangkau 98 persen dari total populasi.

 

"Pencapaian ini tidak lepas dari peran sinergi dan kolaborasi yang solid antara BPJS Kesehatan, kementerian dan lembaga, serta seluruh pemerintah daerah," ujar Wapres. 

 

Wapres juga menekankan bahwa pemerintah pusat dan pemerintah daerah, serta fasilitas kesehatan harus memastikan bahwa setiap warga negara dapat mengakses layanan kesehatan tanpa terkendala biaya dan lokasi.

 

 

Untuk diketahui, Universal Health Coverage (UHC) program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah program yang memastikan setiap warga memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif, bermutu dengan biaya terjangkau. (*)

Sumber: