Bangga, Situs Batu Bedil Diusulkan Sebagai Cagar Budaya Nasional

Bangga, Situs Batu Bedil Diusulkan Sebagai Cagar Budaya Nasional

Situs Batu Bedil Diusulkan sebagai Cagar Budaya Nasional. Foto Ist--

RADARTANGGAMUS.CO.ID--Prasasti Batu Bedil yang berada di Kabupaten Tanggamus, Lampung diusulkan sebagai cagar budaya nasional.

Tenaga Ahli Cagar Budaya Nasional (TACBN) merekomendasikan agar Prasasti Batu Bedil naik peringkat setelah menggelar Sidang Kajian Penetapan Cagar Budaya Peringkat Nasional 2024 di Hotel Kristal,Jakarta Selatan,Selasa,10 September 2024.

Sidang ini dihadiri oleh 13 anggota TACBN dari berbagai disiplin ilmu.Pengakuan ini tidak datang dengan mudah,melainkan melalui berbagai tahapan, diskusi, dan penilaian yang melibatkan banyak pihak.

Prasasti Batu Bedil dianggap unik dan merupakan satu-satunya situs yang memadukan pengaruh Budha dengan menhir dari era Megalitikum di Indonesia.

BACA JUGA:Batu Bedil, Situs Prasejarah Yang Wajib Dikunjungi

BACA JUGA:Termasuk Batu Bedil, 3 Situs Ini Diusulkan Naik Peringkat Nasional, Situs Apa Saja

Hal ini diungkapkan oleh Ninny Susanti Tejowasono, seorang arkeolog nasional yang menyebut prasasti ini sebagai bukti awal pengaruh Budha di Indonesia.

Prasasti ini berbentuk menhir besar yang dibuat pada abad ke-9 atau awal abad ke-10 Masehi. Dikenal dengan nama Batu Bedil, prasasti ini dianggap sebagai simbol persemayaman dewa dalam ajaran Buddha dan bukti awal pengaruh Buddha di Indonesia.

“Prasasti Batu Bedil sangat unik, karena menunjukkan pengaruh Budha dalam satu kompleks menhir dari era Megalitikum, dan aksara yang terdapat di prasasti ini merupakan aksara Sumatera Kuno,bukan Jawa Kuno,"ujar Ninny Susanti.

Situs Batu Bedil ini berada di tepi jalan utama Dusun Batu Bedil Pekon Gunung Meraksa Kecamatan Pulaupanggung yang menghubungkan Pekon Sumbermulya,Pekon Srimanganten dan Pekon Air Bakoman.

Asal muasal nama Batu Bedil  sendiri, konon adalah berasal dari berbagai fenomena aneh yang dirasakan oleh warga setempat berkenaan tentang tempat yang dahulu masih berupa hutan ini. 

Kadisparbud Kabupaten Tanggamus,Suyanto bersyukur dan bangga atas direkomendasikannya Prasasti Batu Bedil sebagai cagar budaya nasional.

“Alhamdulillah,kami bangga sekaligus bersyukur Prasasti Batu Bedil telah direkomendasikan sebagai cagar budaya nasional. Ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan kepedulian terhadap warisan budaya dan jejak sejarah, khususnya di Kabupaten Tanggamus,"ujar Suyanto, Sabtu 14 September 2024.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada Pj Bupati Tanggamus, Mulyadi Irsan,Pemprov Lampung, serta Balai Pelestarian Kebudayaan Wilayah VII yang sejak awal mendukung penuh upaya pelestarian prasasti tersebut.

Sumber: