Pelayanan Publik Terintegrasi di Gedung SPKT Baru Mapolres Tanggamus Diresmikan

Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda menandatangani prasasti peresmian gedung SPKT Baru, Kamis 27 Februari 2025. Foto Ist--
RADARTANGGAMUS.CO.ID--Gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Tanggamus diresmikan, Kamis 27 Februari 2025.Gedung SPKT Polres Tanggamus ini sebagai langkah peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
Peresmian ditandai dengan pemotongan pita dan penandatanganan prasasti oleh Kapolres Tanggamus, AKBP Rivanda.
Peresmian Gedung SPKT Polres Tanggamus tersebut turut dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanggamus Adi Fakhruddin, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Kabupaten Tanggamus Dhani Riza Efriansyah, perwakilan Kodim 0424 Tanggamus Letda Masirun dan tokoh masyarakat Tanggamus.
Gedung SPKT ini menjadi terobosan bagi Polres Tanggamus dalam mengintegrasikan berbagai layanan kepolisian dalam satu lokasi.
BACA JUGA:Kapolres Tanggamus AKBP Rivanda Ikuti Launching P2L Yang Diselenggarakan Mabes Polri
BACA JUGA:Dukung Swasembada Pangan Kapolres Tanggamus Tanam Jagung, Ini Lokasinya
Di gedung SPKT ini, masyarakat dapat mengakses berbagai layanan seperti pembuatan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), identifikasi, perpanjangan SIM, laporan kepolisian, pengaduan kehilangan, hingga ruang gelar perkara.
Selain itu, gedung ini juga dilengkapi dengan layanan call center 110 serta layanan pengaduan kepada Provost dan Siwas terkait laporan terhadap anggota kepolisian maupun pelayanan publik.
Kapolres Tanggamus, AKBP Rivanda, menegaskan bahwa pembangunan gedung ini merupakan komitmen Polri dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat.
"Hari ini kami meresmikan Gedung SPKT sebagai bukti komitmen Polres Tanggamus dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Kini, masyarakat yang ingin melapor, mengurus perpanjangan SIM, atau mengurus SKCK cukup datang ke satu tempat tanpa harus bolak-balik. Kami berupaya untuk meminimalkan waktu pelayanan agar lebih cepat dan efisien," ujar Rivanda.
Ia juga menjelaskan bahwa dengan sistem baru ini, proses pembuatan laporan kepolisian kini hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit, karena seluruh layanan telah dipusatkan dalam satu sistem terpadu.
Kapolres juga menekankan pentingnya sosialisasi agar masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini secara maksimal.
Selain berbagai loket pelayanan, Gedung SPKT ini juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang guna meningkatkan kenyamanan masyarakat, seperti layanan disabilitas, ruang bermain anak, dan ruang laktasi bagi ibu menyusui.
Kehadiran fasilitas ini diharapkan memberikan pengalaman pelayanan yang lebih humanis dan inklusif bagi semua kalangan.
Sumber: